Follow Us

Makanya Dikenal Salah Satu Pasukan Mematikan, Ternyata Begini Pengalaman Kopassus di Kongo Saat Taklukan Lawan Tanpa Senjata Api!

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Rabu, 05 Januari 2022 | 15:59
Kopassus TNI AD. Makanya Dikenal Salah Satu Pasukan Mematikan, Ternyata Begini Pengalaman Kopassus di Kongo Saat Taklukan Lawan Tanpa Senjata Api!
KOMPAS/EDDY HASBY

Kopassus TNI AD. Makanya Dikenal Salah Satu Pasukan Mematikan, Ternyata Begini Pengalaman Kopassus di Kongo Saat Taklukan Lawan Tanpa Senjata Api!

Sosok.ID - Sudah bukan rahasia lagi, nama Kopassus sudah tak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia.

Hal itu lantaran tak terhitung sudah berapa misi besar negara yang berhasil dituntaskan Kopassus.

Selain itu seperti pengakuan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman bahwa tidak mudah menjadi seorang prajurit Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

Pernyataan tersebut disampaikan saat ia menjalani tahap latihan anti-teror dari Kopassus untuk bisa mendapatkan brevet dan baret Korps Baret Merah.

"Ini sudah sebagian saya lewati dan memang latihan sangat berat. Ini menunjukkan tidak mudah menjadi prajurit Kopassus," ujar Dudung kepada awak media di Mako Kopassus, Jakarta, Selasa (21/12/2021).

Baca Juga: Keluarga Menangis Memohon Kasus Tidak Ditutupi, 3 Oknum TNI Terancam Hukuman Seumur Hidup Usai Tabrak dan Buang Jasad Sejoli ke Sungai Serayu

Selain itu, kemampuan Komando Pasukan Khusus (Kopassus) memang tak bisa dianggap enteng.

Komando pasukan baret merah itu menjadi salah satu pasukan elit yang paling berbahaya yang dimiliki TNI AD bahkan di segani di dunia.

Melansir dari Intisari, salah satu prestasi Kopassus adalah berhasil mengalahkan pemberontak Kongo.

Saat itu strategi Kopassus kalahkan ribuan pemberontak Kongo menunjukkan kecerdikan pasukan baret merah andalan TNI.

Kopassus saat itu hanya menggunakan strategi sederhana yang membuat ribuan pemberontak Kongo menyerah tanpa adanya baku tembak.

Baca Juga: Pertahanan Militer Indonesia Bakal Makin Garang, TNI AU Langsung Siapkan 3 Skuadron Khusus Sambut Jet Tempur Rafale dan F-15EX

Source : Kompas.com, intisari-online.com, GridHot.ID

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya

Latest