Follow Us

Jarang Diketahui Publik, Inilah Perbedaan Pasukan Elite Kopassus dan Kostrad, Ada yang Mampu Hancurkan Jantung Pertahanan Lawan Dengan Senyap!

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Senin, 15 November 2021 | 16:41
(ilustrasi) Jarang Diketahui Publik, Inilah Perbedaan Pasukan Elite Kopassus dan Kostrad, Ada yang Mampu Hancurkan Jantung Pertahanan Lawan Dengan Senyap!
(TRIBUNNEWS)

(ilustrasi) Jarang Diketahui Publik, Inilah Perbedaan Pasukan Elite Kopassus dan Kostrad, Ada yang Mampu Hancurkan Jantung Pertahanan Lawan Dengan Senyap!

Sosok.ID - Sudah bukan rahasia lagi, masyarakat sudah cukup paham TNI Angkatan Darat (AD) memiliki dua satuan elite yang cukup terkenal.

Kedua satuan elite tersebut adalah Kopassus dan Kostrad.

Namun meski merupakan pasukan elite khusus di milik TNI AD, ternyata banyak yang tak paham mengenai perbedaan keduanya.

Tak jarang pula masyarakat ada yang terbalik mendefinisikan perbedaan antara kedua pasukan elite TNI AD tersebut.

Baca Juga: Dulu Punya Jabatan Mentereng Soal Intelijen, Sosok Ini Ungkap Indonesia Tak Butuh Panglima TNI, Alasannya Cukup Menohok!

Dalam catatan sejarah, kedua pasukan elite TNI AD ini memang cukup berjasa dalam mempertahankan NKRI.

Melansir dari Kompas.com, sebut saja peristiwa operasi penumpasan DI/TII, operasi militer PRRI/Permesta, operasi Trikora, operasi Dwikora, penumpasan G30S, Pepera di Irian Barat, operasi Seroja di Timor Timur serta serangkaian operasi militer lainnya.

Meski sering diterjunkan dalam operasi militer penting yang dijalani TNI AD, ternyata Kopassus dan Kostrad memiliki perbedaan tugas dan fungsi.

Bahkan secara ciri khas, keduanya juga memiliki perbedaan masing-masing.

Baca Juga: Makanya Jadi Calon Tunggal Panglima TNI, Ternyata Andika Perkasa Punya Jejak Mentereng Sampai Siikat Tangan Kanan Osama bin Laden, Begini Kisahnya!

Contohnya Kostrad merupakan satuan tempur dasar, sedang Kopassus adalah pasukan yang disiapkan dan dilatih khusus untuk tugas-tugas spesifik.

Source : Kompas.com, tribunnews, intisari-online

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya

Latest