Follow Us

Akhir Kejayaan Angkatan Udara AS? Ini Bukti Kekuatan Militer Paman Sam Sudah Tak Lagi Sehebat Dulu Hingga Digeser China!

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Minggu, 17 Oktober 2021 | 14:59
(Ilustrasi) Akhir Kejayaan Angkatan Udara AS? Ini Bukti Kekuatan Militer Paman Sam Sudah Tak Lagi Sehebat Dulu Hingga Digeser China!
Xinhua

(Ilustrasi) Akhir Kejayaan Angkatan Udara AS? Ini Bukti Kekuatan Militer Paman Sam Sudah Tak Lagi Sehebat Dulu Hingga Digeser China!

Sosok.ID - Kenekatan pesawat tempur China yang mengerahkan hampir 150 jet jenis J-16 hingga pengangkut bom H-6 jadi sorotan publik dunia.

Hal itu disebut sebuah tindakan yang cukup nekat lantaran jet tempur China tersebut memasuki zona pertahanan udara Taiwan (ADIZ).

Sebuah unjuk kekuatan yang dilakukan China itu disebut sebagai bukti kehancuran dominasi militer Amerika Serika (AS).

Bagaimana kejadian tersebut bisa dikait-kaitkan?

Baca Juga: Militer AS Kecolongan, Insiyur Perancang Kapal Selam Nuklirnya Jual Informasi Rahasia Hingga FBI Turun Tangan, Begini Detik-detik Penangkapannya!

Menurut artikel yang terbit pada situs resmi Angkatan Udara AS, Sekretaris Angkatan Udara Frank Kendall menyebutkan China sebanyak 27 kali dalam pidatonya yang disampaikan dalam konferensi Angkatan Udara pada bulan lalu.

Sebagai perbandingan, ia hanya menyebut Rusia sebanyak satu kali dan Afghanistan sebanyak dua kali.

Pada bulan Agustus lalu, Kendall, yang merupakan pemimpin sipil utama dalam angkatan udara AS, juga telah berjanji untuk mengembangkan lebih banyak teknologi terdepan untuk “menakuti China.”

Didorong oleh peningkatan kekuatan yang ditunjukan oleh angkatan Udara China, Wang Wei, pejabat senior dari AU China, merespons pernyataan “menakuti China” yang dilontarkan oleh Kendall dengan mengajak angkatan udara AS untuk bertemu di udara.

Baca Juga: Ada Apa? RUU Pendanaan AS Hapus Bantuan Militer untuk Israel, Tetapi...

Cristina Garafola, peneliti kebijakan di RAND Corporation, mengatakan dalam e-mail yang ia tulis kepada VOA, ketika digabungkan dengan kekuatan angkatan darat China, “peningkatan kapabilitas dari AU China itu akan memperkeruh kerumitan dari operasi udara yang terjadi di wilayah Indo-Pasifik.”

Source : Kompas.com, VOA

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya

Latest