Follow Us

Taiwan Ketar-ketir, Akui China Mampu Lakukan Penyerangan dan Invasi Skala Penuh pada 2025

Rina Wahyuhidayati - Kamis, 07 Oktober 2021 | 19:07
Pesawat angkut militer China, mendekati Malaysia.
24h

Pesawat angkut militer China, mendekati Malaysia.

Sosok.ID - Konflik China-Taiwan masih bergulir bak bola panas dan tengah berada dalam salah satu situasi paling menegangkan.

Di mana Taiwan berada dalam posisi tak diuntungkan.

Pada Rabu (6/10), Menteri Pertahanan Taiwan Chiu Kuo-cheng bahkan menyebut China sudah memiliki kemampuan untuk menyerang Taiwan.

Bukan hanya itu, China diprediksi akan mampu melakukan invasi "skala penuh" pada tahun 2025.

“Pada tahun 2025, China akan membawa biaya dan gesekan ke titik terendah. Ia memiliki kapasitas sekarang, tetapi tidak akan memulai perang dengan mudah, harus mempertimbangkan banyak hal lain,” katanya, seperti dikutip Reuters.

Baca Juga: Junta Militer Myanmar Kolot, ASEAN Tak Sudi Undang Pengacau ke KTT

Chiu mengungkapkan, saat ini situasi ketegangan militer dengan China "paling serius" dalam lebih dari 40 tahun sejak ia bergabung dengan militer.

Menurut Chiu, risiko serangan "salah sasaran" saat melintasi Selat Taiwan yang sensitif cukup tinggi.

“Bagi saya sebagai seorang militer, urgensinya tepat di depan saya,” ungkapnya kepada Parlemen Taiwan yang meninjau belanja militer tambahan senilai NT$ 240 miliar (US$ 8,6 miliar) untuk lima tahun ke depan, termasuk pembelian rudal dan kapal perang.

Ketegangan antara Taipei dan Beijing disebut telah mencapai titik tertinggi baru.

Pesawat militer China telah berulang kali terbang melalui zona identifikasi pertahanan udara Taiwan, meskipun tidak ada tembakan yang dilepaskan.

Baca Juga: Negara ASEAN Lain Diganggu Tiongkok, Indonesia Ternyata Bisa Hancurkan Kapal Maupun Pesawat Tempur Siluman China Bila Nekat Masuk RI Dalam Sekejap!

Source : Reuters

Editor : Rina Wahyuhidayati

Baca Lainnya

Latest