Follow Us

Kondisi Lingkungan Makin Memprihatinkan, Kini Disebut Ilmuwan Teluk Jakarta Memiliki Kandungan Parasetamol Sangat Tinggi, Perubahannya Diungkap Para Nelayan!

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Minggu, 03 Oktober 2021 | 14:37
Kondisi Teluk Jakarta usai dibersihkan di Muara Angke, Jakarta Utara, Sabtu (24/3/2018). Sampah plastik yang sebelumnya menumpuk, kini sudah dibersihkan dan menyisakan lumpur tebal.
Kompas.com / MAULANA MAHARDHIKA

Kondisi Teluk Jakarta usai dibersihkan di Muara Angke, Jakarta Utara, Sabtu (24/3/2018). Sampah plastik yang sebelumnya menumpuk, kini sudah dibersihkan dan menyisakan lumpur tebal.

Sosok.ID - Sebuah kabar mengejutkan mengenai kondisi perairan di Jakarta yang disebut memiliki kadar bahan kimia cukup tinggi.

Bahkan ikan-ikan pun dikabarkan mati lantaran disebabkan oleh keadaaan air di teluk Jakarta.

Kondisi wilayah Jakarta tersebut kini jadi sorotan bermula dari sebuah cuitan di sosial media yang merespon dari sebuah jurnal.

Akun Twitter @apahoni membagikan tangkapan layar dari jurnal ScienceDirect yang mengungkap tentang kondisi tersebut.

Baca Juga: Angel Lelga Sebut Bayarannya di Bawah Gaji UMR, Nikita Mirzani Lempar Bukti Kontrak: Tuh, Nolnya Dua Kali Lipat

Hingga berita ini diturunkan, cuitan tersebut sudah dibagikan sebanyak 1414 kali dan disukai sebanyak 4898 kali.

Jurnal yang diterbitkan pada Agustus 2021 tersebut memuat judul "Konsentrasi tinggi parasetamol dalam limbah yang mendominasi perairan Teluk Jakarta, Indonesia."

Dalam jurnal tersebut, diuraikan bahwa para peneliti menyelidiki beberapa kontaminan yang berada di dalam air, dengan obat-obatan termasuk di dalamnya.

Mereka mengumpulkan data dari d lokasi di Teluk Jakarta dan satu di pantai utara Jawa Tengah, yang memang diduga didominasi oleh limbah cair.

Baca Juga: Tinggalkan Jakarta Untuk Tinggal di Kota Kecil, Sosok Zaskia Mecca Sempat Takut Diusir Tetangga Gegara Suara Berisik Anak-anaknya, Tapi Justru Ini yang Dialami!

Hasilnya kemudian menunjukkan bahwa kontaminan-kontaminan yang ada di lokasi tersebut melebihi batas Baku Mutu Air Laut Indonesi.

Secara khusus, hasil penelitian tersebut juga mengungkapkan konsentrasi tinggi parasetamol di dua lokasi yang berada di Teluk Jakarta, yaitu 610ng/L di Angke dan 420 ng/L di Ancol.

Source : Kompas.com, Kompas TV, Twitter

Editor : Sosok

Baca Lainnya

Latest