Follow Us

Doyan Bikin Barang Tiruan, Helikopter Siluman Baru Buatan China Dituding Jiplak Black Hawk AS

Rina Wahyuhidayati - Sabtu, 05 Juni 2021 | 20:11
(ILUSTRAS) China disebut jiplak helikopter AS
Wikipedia

(ILUSTRAS) China disebut jiplak helikopter AS

Sosok.ID - China kembali meluncurkan kendaraan militer berteknologi canggih, yakni helikopter yang memiliki kemampuan siluman.

Namun, helikopter tersebut dituding meniru teknologi yang dimiliki helikopter Black Hawk milik Amerika Serikat.

Sebuah desain helikopter baru sempat muncul dalam liputan salah satu kanal televisi di China.

Kepada Global Times, para analis pada hari Senin (31/5), menilai helikopter siluman baru akan sulit untuk dideteksi di radar, sensor inframerah, hingga penglihatan dan pendengaran manusia.

Pengamat militer menilai, helikopter ini merupakan bentuk modifikasi helikopter Z-20.

Baca Juga: China Disebut Bakal Serang AS, Pakar Militer Ungkap Bukti TIongkok Getol Ingin Perang dengan Negeri Paman Sam: China Memang Menginginkan Perang dengan AS!

Sejumlah media asing mengklaim desain helikopter baru China meniru teknologi AS. Namun para ahli menyangkal tuduhan tersebut.

Sebuah model helikopter juga telah dipamerkan di fasilitas AVIC China Helicopter Research and Development Institute di Jingdezhen.

Pada 19 Mei lalu, model tersebut ditampilkan dalam liputan di kanal Jiangxi Television.

Pengamat militer mencatat bahwa model tersebut kemungkinan mewakili jenis helikopter baru yang memiliki fitur siluman di badan pesawat, rotor dan desain knalpotnya.

Fu Qianshao, seorang ahli penerbangan militer China, kepada Global Times menjelaskan bahwa ia sepakat bahwa model helikopter baru merupakan pengembangan dari helikopter Z-20 yang saat ini sudah ada.

Baca Juga: Papua Jadi Incaran Proyek Luar Angkasa, China, Rusia hingga Tesla Rebutan Bumi Cenderawasih, Kepala Suku Tolak Mentah-mentah: Jika Kami Protes, Kami Langsung Ditangkap

Source : Kontan.co.id, Global Times

Editor : Rina Wahyuhidayati

Baca Lainnya

Latest