Follow Us

Hamas Desak Jokowi Minta Dukungan, Istana Akhirnya Bongkar Respon Presiden atas Konflik Palestina-Israel

Rifka Amalia - Sabtu, 22 Mei 2021 | 20:00
Presiden Joko Widodo ketika memberikan keterangan pers di Istana Merdeka, Sabtu 16 Februari 2019, terkait dukungan terhadap anak muda yang memiliki inovasi dan kreativitas.
(Dok. Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo ketika memberikan keterangan pers di Istana Merdeka, Sabtu 16 Februari 2019, terkait dukungan terhadap anak muda yang memiliki inovasi dan kreativitas.

Sosok.ID - Pihak istana kepresidenan, akhirnya menanggapi surat dari pimpinan Hamas, Ismail Haniyeh.

Haniyeh diketahui belum lama ini mendesak agar Presiden Joko Widodo segera memobilisasi dukungan untuk Palestina atas konflik dengan Israel.

Melansir Kompas.com, Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman, memberikan tanggapan atas surat tersebut.

Menurut Fadjroel, sikap pemerintah Indonesia sudah jelas disampaikan pada 10 Mei lalu.

Baca Juga: Detik-detik Hamas dan Israel Gencatan Senjata, Palestina Rayakan Idul Fitri yang Tertunda, Israel Getir, Berikut Jumlah Korbannya!

Yakni Presiden Jokowi mengutuk tindakan Israel atas kekerasan di Palestina.

"Hingga saat ini, Presiden Joko Widodo sudah menyampaikan sikap Pemerintah Indonesia pada Senin 10 Mei 2021, yaitu mengutuk tindakan pengusiran paksa warga Palestina dari Sheikh Jarrah, Yerusalem Timur, dan penggunaan kekerasan terhadap warga sipil Palestina di Masjidil Aqsha," ujar Fadjroel saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (21/5/2021).

Jokowi telah mendesak Dewan Keamanan PBB untuk mengambil tindakan atas pelanggaran berulang yang dilakukan oleh Israel.

Fadjroel menegaskan, Indonesia akan terus berpihak kepada rakyat Palestina.

Baca Juga: Putus Asa, Pimpinan Hamas Memohon agar Jokowi Membantu Palestina, Israel Bunuh Lebih dari 200 Nyawa Warga di Gaza

"Pada Sabtu 15 Mei 2021, Presiden Joko Widodo sudah berbicara dengan sejumlah pemimpin negara (Turki, Singapura, Malaysia, Afghanistan, dan Brunei Darussalam) untuk menghentikan agresi Israel," tambahnya.

Diberitakan Sosok.ID sebelumnya, Anadolu Agency melaporkan bahwa pimpinan Hamas Ismail Haniyeh mendesak Presiden Jokowi pada Selasa (18/5/2021) untuk memobilisasi dukungan terhadap agresi Israel di Palestina.

Source : Kompas.com, Reuters, Anadolu Agency

Editor : Sosok

Baca Lainnya

Latest