Follow Us

Sempat Jadi Misteri, Kini Terbongkar Jumlah Total KKB di Papua Beserta Seluruh Anggotanya dan Persenjataannya, Hanya 150 orang dan 70 Senjata Api, Bisa Langsung Diserbu Pasukan Setan!

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Jumat, 21 Mei 2021 | 15:27
(ilustrasi) Sempat Jadi Misteri, Kini Terbongkar Jumlah Total KKB di Papua Beserta Seluruh Anggotanya dan Persenjataannya, Hanya 150 orang dan 70 Senjata Api, Bisa Langsung Diserbu Pasukan Setan!
TPNPB OPM/Sebby Sambom

(ilustrasi) Sempat Jadi Misteri, Kini Terbongkar Jumlah Total KKB di Papua Beserta Seluruh Anggotanya dan Persenjataannya, Hanya 150 orang dan 70 Senjata Api, Bisa Langsung Diserbu Pasukan Setan!

Sosok.ID - Pasukan Gabungan TNI-Polri akhirnya temukan jumlah total kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua dan jumlah total anggota serta senjata api yang dipergunakan.

Hal tersebut diungkap setelah pihak keamanan mendapatkan titik terang adanya pertemuan kelompok-kelompok kecil KKB tersebut di sebuah wilayah.

Menurut penuturan Kapolda Papua, Irjen Mathius D Fakhiri, belum lama ini sejumlah KKB melakukan pertemuan besar-besaran.

Pertemuan tersebut berada di wilayah distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua.

Baca Juga: KKB Kian Tergencet, Sarangnya Kini Terbongkar, Segitiga Hitam Jadi Sasaran Utama TNI, Ruang Gerak OPM Bakal Dipersempit dengan Operasi Khusus

Wilayah tersebut merupakan basis KKB pimpinan Lekagak Telenggen. Berkumpulnya enam KKB itu membuat suasana di Kabupaten Puncak tak kondusif.

"Yang berada di Ilaga itu dari Puncak Jaya, Pilia (Jayawijaya), Sugapa (Intan Jaya), Paniai, Kuyawage, dan Lanny Jaya," ujarnya di Jayapura, Kamis (20/5/2021).

Fakhiri memastikan, aparat keamanan telah menghitung jumlah anggota KKB dari enam kelompok tersebut dan senjata api mereka.

Hal ini telah dilaporkan ke pemerintah pusat. Fakhiri yakin aparat gabungan di sejumlah titik rawan bisa mengatasi enam KKB tersebut.

Baca Juga: Beraninya Main Keroyokan, 2 Prajurit TNI Gugur Dikeroyok 20 OTK di Papua, 'Bisa Saja KKB'

"Dari enam kelompok yang sedang berkumpul di Ilaga, yang aktif sekitar 150 orang, tetapi kalau dengan peserta cukup besar," kata dia.

Source : Kompas.com

Editor : Sosok

Baca Lainnya

Latest