Follow Us

Koar-koar Kapal Perang AS Terobos Ilegal Wilayahnya di Laut China Selatan, Beijing Dibantah 'Setajam Pedang' Prajurit Joe Biden

Rifka Amalia - Kamis, 20 Mei 2021 | 17:28
Ilustrasi kapal perang
Xinhua

Ilustrasi kapal perang

Sosok.ID - Kapal perang Amerika Serikat (AS) secara ilegal memasuki wilayah China di Laut China Selatan pada Kamis (20/5/2021).

Tetapi klaim China itu dibantah keras oleh Amerika Serikat.

Melansir dari Reuters, China mengatakan pada Kamis bahwa sebuah kapal perang AS secara ilegal memasuki perairan teritorialnya di Laut China Selatan dan diusir oleh pasukan mereka.

Namun pernyataan itu dibantah oleh Amerika Serikat, dalam pertukaran salvo terbaru atas klaim Beijing di jalur air yang sibuk itu.

Baca Juga: Alamat Ngacir, AS Unjuk Pangkalan USS Miguel Keith Bisa Bergerak Libas Dominasi China di Laut China Selatan, Begini Sangarnya!

Dalam sebuah pernyataan, Komando Teater Selatan militer China mengatakan USS Curtis Wilbur memasuki perairan dekat pulau Paracel tanpa izin.

Dia menyebut kapal dan pesawat militer China mengikuti kapal AS dan "mengusir" mereka.

China menentang tindakan tersebut, menyebut AS telah melangar kedaulatannya dan merusak perdamaian serta stabilitas regional.

Akan tetapi Armada ke-7 Angkatan Laut AS mengatakan sebaliknya.

Baca Juga: Duterte Bersumpah Tak Akan Menarik Mundur Se-inci pun Kapal-kapal Filipina dari Laut China Selatan: Di Sinilah Persahabatan Kita Berakhir

Kapal AS disebutnya "menegaskan hak navigasi dan kebebasan" di dekat pulau Paracel, di mana China, Taiwan, dan Vietnam mengklaim kedaulatan di wilayah itu.

Komentar militer China tentang misi itu salah, kata Angkatan Laut AS.

Source : Reuters

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest