Follow Us

Laut China Selatan Bukan Satu-satunya Lokasi yang Patut Diwaspadai, Wilayah Ini Diprediksi Bakal Jadi Medan Pertempuran AS dan China Berikutnya, Dimana?

Dwi Nur Mashitoh - Rabu, 12 Mei 2021 | 20:45
China vs AS
Da qing - Imaginechina/VCG via Global Times

China vs AS

Sosok.ID - China dan Amerika Serikat (AS) sempat membuat Laut China Selatan memanas selama beberapa waktu belakangan.

Bahkan, negara-negara di sekitar Laut China Selatan sempat dibuat ketar-ketir akan terjadinya adu kekuatan militer dari dua negara adidaya itu di kawasan tersebut.

Tapi kini, konflik antara China dan AS di Laut China Selatan seolah sudah mereda seiring berjalannya waktu.

Hanya China yang semakin aktif mennggelar latihan militer di perairan yang banyak disengketakan dengan negara-negara di ASEAN tersebut.

Baca Juga: Ada Udang di Balik Batu, Terungkap Sudah Alasan China Terjunkan Kapal-kapal Induknya ke Laut China Selatan, Bukan Sekadar Latihan Militer?

Juga, AS beberapa kali dikabarkan masih kepergok mengintai latihan militer yang digelar Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China.

Dengan demikian, apakah artinya konflik di antara China dan AS sudah mereda dan tak akan terjadi peperangan di masa mendatang?

Ruapanya tidak, sebab konflik China dan AS diprediksi akan beralih lokasi ke medan darat.

Afrika bisa menjadi lokasi potensial untuk perang darat antara China dan AS dalam waktu dekat, para ahli memperingatkan.

Baca Juga: Akan Sulap Pulau di Laut China Selatan jadi Markas Militer hingga Pasang Kamera Pengintai, Filipina: Tujuannya Usir Kapal China dari ZEE Kami

Melansir Express.co.uk, Jumat (7/5/2021), Beijing sedang berusaha untuk memperluas pengaruhnya di Afrika melalui sarana ekonomi dan militer.

Source : intisarionline.com

Editor : Dwi Nur Mashitoh

Baca Lainnya

Latest