Follow Us

Laut China Selatan Bakal Ditinggalkan? China Kini Beralih Pepet Negara-negara di Afrika Demi Kuasai Samudra Atlantik, Apa Tujuannya?

Dwi Nur Mashitoh - Selasa, 11 Mei 2021 | 04:13
PLA Navy China
China Daily

PLA Navy China

Sosok.ID - Seolah tak cukup ingin menguasai lautan Pasifik khususnya di Laut China Selatan, China kabarnya tengah berencana membangun pangkalan militer Angkatan Lautnya di Samudra Atlantik.

Bahkan desas-desus mengatakan bahwa Negeri Tirai Bambu sudah memepet negara-negara di benua Afrika yang bersinggungan langsung dengan Samudra Atlantik.

Dilansir dari The Sun, seorang jenderal tinggi AS, Stephen Townsed memberikan peringatan tersebut.

Ia meyebut bahwa Beijing tengah mencari lokasi untuk membangun pelabuhan angkatan laut besar untuk menampung kapal selam atau kapal induk di pantai barat Benua Afrika.

Baca Juga: Kapal Perang China, Fregat Jiangkai II Class Milik PLA Navy Kepergok Melintas di Perairan Indonesia, Apa Tujuannya?

China dikabarkan telah mendekati negara-negara yang membentang dari Mauritania ke arah selatan hingga Namibia, dengan maksud untuk membangun fasilitas angkatan laut.

Jika terwujud, prospek tersebut memungkinkan China untuk mengembangkan kapal perang Angkatan Lautnya di kawasan Pasifik dan Atlantik.

Jenderal Townsed yang mengepalai Komando Afrika AS mengatakan: "Mereka mencari tempat di mana mereka dapat mempersenjatai kembali dan memperbaiki kapal selamnya."

China sendiri telah memiliki pangkalan angkatan laut di Djibouti yang dijuluki Tanduknya Afrika.

Baca Juga: Laut China Selatan Bukan Jadi Pilihan, AS dan Tiongkok Kini Pindah Lokasi Perang, Xi Jinping Disebut Telah Kuasai 11 Negara Sekaligus Untuk Buat Pangkalan Militer Diam-diam

Pangkalan yang dibangun bertahun-tahun lalu itu terus ditingkatkan kapasaitasnya hingga kini.

Jenderal Townsed mengatakan, ada sebanyak 2.000 personel Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) Navy di pangkalan tersebut.

Source : The Sun

Editor : Dwi Nur Mashitoh

Baca Lainnya

Latest