Follow Us

Anjlok 90 Meter dalam 10 Detik, Gambaran Situasi Blackout di Dalam KRI Nanggala-402 Diungkap Mantan Awak Kapal

Rina Wahyuhidayati - Rabu, 28 April 2021 | 09:38
Penampakan KRI Nanggala-402 dari hasil visual ROV di kedalaman 830 meter
REPRO TANGKAPAN LAYAR VIDEO

Penampakan KRI Nanggala-402 dari hasil visual ROV di kedalaman 830 meter

Sosok.ID - Kapal selam KRI Nanggala-402 dinyatakan tenggelam setelah sebelumnya hilang kontak dan diduga mengalami blackout.

Insiden blackout yang dialami KRI Nanggala-402 bukan pertama terjadi.

Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) Laksamana Muda Iwan Isnurwanto menyampaikan, dirinya pernah mengalami situasi blackout saat menjadi awak kapal selam KRI Nanggala-402.

"Saya waktu mengawaki Nanggala pun pernah mengalami hal yang serupa namanya blackout," kata Iwan dalam konferensi pers, Selasa (27/4/2021).

Situasi blackout saat itu, ungkap Iwan, terjadi pada tengah malam ketika ia sedang beristirahat di tempat tidur bertingkat.

Baca Juga: Jadi Naungan KRI Nanggala-402, Korps Hiu Kencana Termasuk Salah Satu Kesatuan Kapal Selam yang Ditakuti di Dunia, Syarat Untuk Jadi Anggota Mengerikan!

Iwan pun langsung melompat dari tempat tidur tingkat tiga karena kapal mulai miring dan 'merosot' dalam waktu cepat.

"Posisinya adalah yang belakang ini langsung turun sampai (kemiringan) 45 derajat bisa lebih, langsung (turun) begini, tidak sampai dengan 10 detik itu (turun) sampai dengan 90 meter," kata Iwan.

Kondisi dalam kapal pun gelap dan menyisakan lampu darurat yang masih menyala.

Saat itu, tutur Iwan, komandan kapal memerintahkan awak untuk bergerak secara merangkak menuju haluan kapal (bagian depan kapal).

Hal tersebut lantaran kapal telah miring 45 derajat.

Baca Juga: Keluarga Prajurit Gugur Minta KRI Nanggala-402 Diangkat dari Kedalaman 838 Meter, TNI Upayakan Dapat Izin Pemerintah: Ini Sangat Langka

Source : Kompas.com

Editor : Rina Wahyuhidayati

Baca Lainnya

Latest