Follow Us

Provokasi Rusia Makin Menjadi, Laut Hitam Mencekam, 20 Kapal Perang dan 3 Skuadron Pesawat Serang Gelar Latihan 'Guna Mendapat Posisi untuk Serangan'

Rina Wahyuhidayati - Rabu, 21 April 2021 | 14:18
Armada Kapal Perang di Laut Hitam. -  20 Kapal Perang dan 3 Skuadron Pesawat SerangMilik Rusia Gelar Latihan
24h

Armada Kapal Perang di Laut Hitam. - 20 Kapal Perang dan 3 Skuadron Pesawat SerangMilik Rusia Gelar Latihan

Sosok.ID - Setelah kabar Rusia memblokade sebagian Laut Hitam, kini negara yang dipimpin Vladimir Putin itu terang-terangan melakukan latihan militer.

Lebih dari 20 kapal perang Armada Laut Hitam Rusia mengadakan latihan bersama tiga skuadron pesawat serang Su-25SM3 dari Angkatan Udara dan Angkatan Darat Pertahanan Udara Distrik Militer Selatan.

Konflik antara Rusia dengan Ukraina seakan kian jauh dari kata damai.

Media Pemerintah Rusia melaporkan bahwa Moskwa bermaksud menutup sebagian Laut Hitam untuk militer asing dan kapal resmi selama 6 bulan, seperti yang dilansir Sosok.ID dari AFP pada Selasa (20/4/2021).

Baca Juga: Ukraina Terkepung? Selama 6 Bulan Rusia Bakal Blokade Sebagian Laut Hitam, AS Protes atas Manuver Negara Beruang Merah: Bisa Merusak!

Langkah seperti itu dapat memengaruhi akses ke pelabuhan Ukraina di Laut Azov.

Pelabuhan itu terhubung dengan Laut Hitam melalui Selat Kerch, di ujung timur Semenanjung Krimea yang dicaplok oleh Rusia pada 2014.

Dan di hari yang sama, Rusia secara terang-terangan mulai melakukan latihan militer di Laut Hitam.

"Sebuah kelompok Angkatan Laut yang terdiri dari fregat Admiral Makarov dan Admiral Essen, korvet rudal Graivoron dan Vyshny Volochyok, juga kapal rudal, kapal perang anti-kapal selam kecil, dan kapal serbu amfibi besar mengadakan latihan," kata Armada Laut Hitam Rusia dalam pernyataan Selasa (20/4), seperti dikutip TASS.

Baca Juga: Anti Terprovokasi oleh Manuver-manuver Rusia, Ukraina Diam-diam Punya Cara Jitu untuk Usir Pasukan Vladimir Putin dari Perbatasan

"Latihan untuk melawan senjata serangan udara musuh, menggunakan senjata aktif gangguan radio-elektronik dan secara sengaja menggunakan kemampuan pertahanan udara," ujar Armada Laut Hitam Rusia.

Sementara tiga skuadron dari pesawat serang Distrik Militer Selatan juga mengelar latihan.

Source : AFP, Kontan.co.id, TASS

Editor : Rina Wahyuhidayati

Baca Lainnya

Latest