Follow Us

Data 500 Juta Pengguna Facebook Bocor, Nomor Telepon Mark Zuckerberg Ikut Tersebar Luas, Kok Bisa?

Dwi Nur Mashitoh - Senin, 05 April 2021 | 12:00
Pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg dan istrinya.
Instagram/@zuck

Pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg dan istrinya.

Sosok.ID - Data 500 juta pengguna Facebook bocor, termasuk nomor sang pendiri sekaligus CEO platform tersebut, Mark Zuckerberg.

Dilansir Sosok.ID dari The Sun, ada 533 juta data pengguna dari 106 negara, di mana 32 jutanya tercatat berasal dari AS, 11 juta dari Inggris, 6 juta dari India, dan sisanya dari negara lain.

Data yang bocor bukan hanya nomor telepon pengguna, melainkan juga ID Facebook, nama lengkap, tempat tinggal, ulang tahun, biografi, hingga alamat e-mail.

Adapun, data diri Mark Zuckerberg yang bocor termasuk nama, tempat tinggal, detail pernikahan, tanggal lahir, dan ID pengguna Facebook.

Baca Juga: Iseng Ajak Kenalan Bapak-bapak yang Mirip Ayahnya Lewat Facebook, Tak Disangka Pria Ini Malah Temukan Pamannya yang Hilang 32 Tahun Silam

Bukan hanya Mark Zuckerberg saja, data dari dua co-founder Facebook Inc lainnya, Chris Hughes dan Dustin Moskovitz juga ikut bocor.

Hal itu telah dikonfirmasi oleh peneliti jagadmaya, Dave Walker.

Alon Gal, salah satu pendiri firma inteligen kejahatan dunia maya Israel, Hudson Rock, menemukan kumpulan data tersebut pada Sabtu (3/4/2021).

Menurutnya, rincian data yang bocor itu bukanlah data terbaru, melainkan sudah berusia beberapa tahun.

Baca Juga: Saling Cinta dan Direstui Keluarga, Tiga Pria Ini Putuskan untuk Menikah, Foto-foto Pernikahannya yang Tak Biasa Langsung Gemparkan Jagad Maya

Ia mengatakan, basis datanya mirip dengan yang ia temukan di forum peretas sejak Januari lalu.

Sementara itu, seorang juru bicara dari Facebook mengatakan bahwa data tersebut diambil karena kerentanan yang diambil oleh perusahaan pada 2019 silam.

Source : Business Insider, The Sun

Editor : Dwi Nur Mashitoh

Baca Lainnya

Latest