Follow Us

8 Bulan Kemudian Baru Terbongkar, Video Perang Otot Tentara India vs China di Lembah Galwan Rilis, Tiongkok Akhirnya Jujur Soal Jumlah Korban

Tata Lugas Nastiti - Minggu, 21 Februari 2021 | 19:13
Potongan rekaman video ketegangan Lembah Galwan antara tentara China dan India
Tangkapan layar South China Morning Post

Potongan rekaman video ketegangan Lembah Galwan antara tentara China dan India

Sosok.ID - Perang adu jotos antara tentara India dan China di Lembah Galwan pada tahun 2020 lalu masih terus dibicarakan.

Setahun berlalu, fakta baru terkait perang adu jotos tentara India dan China di Lembah Galwan akhirnya terkuak.

Diketahui, selama nyaris 8 bulan ini Tiongkok selalu bungkam jika ditanya soal jumlah korban adu jotos antara tentaranya dengan India di Lembah Galwan.

Baca Juga: Keringat Dingin Lihat China Petantang-petenteng Masuki Zona Pertahanan Udara Dibuntuti 15 Pesawat Rusia, Korsel Langsung Kirim Jet Tempur

Namun pada Jumat (19/2/2021) kemarin, China akhirnya merilis jumlah tentaranya yang jadi korban adu jotos melawan di Lembah Galwan.

Hal ini diikuti pula dengan rilisnya rekaman bukti peristiwa adu jotos yang terjadi antara tentara India dengan China garis perbatasan.

Setelah 8 bulan berlalu, China akhirnya merilis video detik-detik perang otot antara pasukannya dengan militer India di garis perbatasan.

Baca Juga: Sampai Ranking di Atas Kertas pun Jomplang, Inilah Perbandingan Kekuatan Militer Taiwan dengan China, Belum Pecah Perang Sudah Merugi

Diketahui, media pemerintah China merilis video detik-detik sebelum tentaranya dan pasukan India terlibat adu jotos di perbatasan Himalaya.

Rilis itu terjadi setelah kementerian pertahanan menyatakan, empat prajuritnya tewas dalam bentrokan berdarah pada Juni 2020.

Rekaman yang dirilis kanal televisi CCTV menunjukkan, militer India menyeberangi sungai di Pegunungan Karakoram yang tandus dan tertutup es.

Source : Kompas.com

Editor : Tata Lugas Nastiti

Baca Lainnya

Latest