Follow Us

Makanya Ditakuti China, Mantan Petinggi TNI AU Ungkap Indonesia Bakal Produksi Pesawat Tempur Sendiri, Ini Syaratnya!

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Selasa, 09 Februari 2021 | 13:52
(Ilustrasi) Makanya Ditakuti China, Mantan Petinggi TNI AU Ungkap Indonesia Bakal Produksi Pesawat Tempur Sendiri, Ini Syaratnya!
Air & Space Magazine

(Ilustrasi) Makanya Ditakuti China, Mantan Petinggi TNI AU Ungkap Indonesia Bakal Produksi Pesawat Tempur Sendiri, Ini Syaratnya!

Sosok.ID - Pesawat tempur kini menjadi salah satu komponen yang cukup penting di militer sebuah negara termasuk Indonesia.

Meski demikian militer Indonesia diketahui masih mendatangkan pesawat-pesawat tempur dari luar negeri.

Namun bukan berarti Indonesia tak mampu membangun pesawat tempur sendiri.

Lalu apakah Indonesia telah siap memproduksi pesawat tempur sendiri?

Baca Juga: Berselingkuh dengan PNS Bawahannya, Perwira TNI Ini Kepergok Berhubungan Intim di Mobil Dinas, Begini Nasibnya Setelah Ketahuan!

Baca Juga: Media China Keheranan, Indonesia Berniat Himpun Dana Untuk Pembangunan Besar-Besaran, Tetapi Tak Ada Satupun Perusahaan China di Dalamnya

Mantan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI (Purn) Chappy Hakim menyebut Indonesia memungkinkan bisa memproduksi pesawat tempur sendiri guna mendukung pertahanan dan keamanan sektor udara dalam negeri.

"Kalau mungkin, pasti mungkin (produksi pesawat tempur dalam negeri). Tapi permasalahannya kan banyak hal yang jadi pertimbangan," ujar Chappy ketika dihubungi Kompas.com, Senin (8/2/2021).

Dalam pandangannya, setidaknya ada tiga pertimbangan yang mesti diwujudkan agar Indonesia benar-benar bisa mandiri dalam memproduksi pesawat tempur.

Pertama, adanya keputusan strategis dari elit sebagai pengampu kebijakan.

Baca Juga: Tak Puas Berondong Tembakan kepada 2 Prajurit sampai Tewas, KKB Papua Tantang TNI-Polri Perang Terbuka: Kami Tidak Takut! Akan Kami Hadapi!

Source : Kompas.com

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya

Latest