Follow Us

Kalahkan Malaysia yang Tertinggal Jauh, Indonesia Kini Duduki Peringkat Pertama dengan Militer Terkuat di Asia Tenggara, Inilah Sederet Kekuatan TNI

Dwi Nur Mashitoh - Minggu, 24 Januari 2021 | 07:13
TNI atau Tentara Nasional Indonesia.
kompas.com

TNI atau Tentara Nasional Indonesia.

Sosok.ID - Memasuki pergantian tahun 2021, Global Firepower kembali merilis peringkat kekuatan militer dunia.

Kali ini, Tentara Nasional Indonesia (TNI) berhasil menempati posisi pertama sebagai militer terkuat di Asia Tenggara.

Artinya, Indonesia berada jauh di atas Malaysia soal kekuatan militer.

Menurut Global Firepower daftar kekuatan militer bertajuk 2021 Military Strength Ranking. Indonesia berada di peringkat ke-16, dengan PowerIndex 0,2697.

Baca Juga: Harus Waspada! Tiongkok Semakin Nekat Lawan Indonesia, Kembali Ditemukan Benda Mirip Rudal Bertuliskan China Oleh TNI AL

Di Asia, Indonesia di bawah China, India, Jepang, Korea Selatan, Pakistan, dan Iran. Tapi di Asia Tenggara, Indonesia nomor satu, disusul Vietnam dengan PowerIndex 0,4204.

Untuk menentukan skor PowerIndex suatu negara, Global Firepower menggunakan lebih dari 50 faktor, dengan kategori mulai dari kekuatan militer dan keuangan hingga kemampuan logistik dan geografi.

"Formula kami yang unik memungkinkan negara-negara yang lebih kecil, lebih berteknologi maju, untuk bersaing dengan yang lebih besar," kata Global Firepower dalam laman resminya.

Baca Juga: Dikenal Tak Banyak Bicara, Sosok Ini Ternyata Dijuluki Raja Intelijen Indonesia, Pernah Selundupkan 2.000 Senjata ke Afganistan Sampai Bawa Pulang Jet Tempur dari Israel Tanpa Ketahuan!

Global Firepower merupakan situs berbasis statistik, yang melacak informasi terkait pertahanan dari 138 negara dari sumber-sumber yang sepenuhnya independen.

Berikut peringkat kekuatan militer di Asia Tenggara menurut Global Firepower:

Source : Kontan.co.id

Editor : Dwi Nur Mashitoh

Baca Lainnya

Latest