Follow Us

Mata dari Udara, AU China Sambut Kedatangan Pesawat Pengintai Terbaru KJ-600

Seto Ajinugroho - Jumat, 29 Januari 2021 | 18:13
Mata dari Udara, AU China Sambut Kedatangan Pesawat Pengintai Terbaru KJ-600
SCMP

Mata dari Udara, AU China Sambut Kedatangan Pesawat Pengintai Terbaru KJ-600

Sosok.ID - Kekuatan militer akan efektif jika digabungkan dengan kemampuan penginderaan jarak jauh.

Karena dengan adanya informasi mengenai posisi lawan maka pengerahan kekuatan pemukul bisa tepat sasaran.

Bayangkan jika itu tidak ada maka pengerahan pasukan hanya jadi buang-buag sumber daya.

Tentara Pembebasan Rakyat China pada hari Rabu (27/1) telah berhasil melakukan uji coba penerbangan terbaru untuk pesawat pengintai KJ-600. Dikutip dari South China Morning Post, uji coba berlangsung Rabu pagi di Xian.

Baca Juga: Yang Ditau Cuma Tajir Melintir Anak Petinggi Bank Swata, Rundown Perkawinan Ayu Ting Ting Bongkar Tempat Adit Jayusman Bekerja, Pantas Saja Sering Gonta-ganti Mobil!

KJ-600 merupakan pesawat peringatan dini pertama yang dikembangkan di dalam negeri China, saat ini sedang dalam tahap akhir pengembangan.

Secara khusus, KJ-600 dirancang untuk beroperasi ari kapal induk. Radar active electronically scanned array (AESA) besar milik pesawat ini membuatnya mampu mengenali pesawat siluman seperti F-22 dan F-35 milik AS.

Jon Grevatt, nalis Asia-Pasifik di media industri pertahanan Janes, mengatakan radar AESA baru akan memberi KJ-600 jangkauan yang lebih besar untuk mendeteksi dan melacak target.

Baca Juga: Nolak Jaga Komunikasi dengan Rizki DA, Lesty Kejora Gelagapan Ditelepon Mantan saat Live di TV, Rizky Billar Pasang Badan: Datang Kalau Kita Nikah!

"Ini akan memberikan China kesadaran situasional yang ditingkatkan, sekaligus memberi pemahaman yang lebih baik tentang apa saja ancaman yang masuk," ungkapnya seperti dikutip South China Morning Post.

Lebih lanjut, Grevatt menjelaskan bahwa kemampuan tersebut akan sangat bermanfaat saat China ingin memantau wilayah yang luas seperti Laut China Selatan atau Laut China Timur.

Source : kontan

Editor : Seto Ajinugroho

Baca Lainnya

Latest