Follow Us

Waspada, Gejala Baru Penderita Covid-19 Bertambah, Pasien Bakal Alami Delirium yang Bisa Buat Kondisi Makin Gawat, Begini Tanda-tandanya!

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Sabtu, 12 Desember 2020 | 15:00
(ilustrasi) Waspada, Gejala Baru Penderita Covid-19 Bertambah, Pasien Bakal Alami Delirium yang Bisa Buat Kondisi Makin Gawat, Begini Tanda-tandanya!
Gambar ilustrasi/Pixabay

(ilustrasi) Waspada, Gejala Baru Penderita Covid-19 Bertambah, Pasien Bakal Alami Delirium yang Bisa Buat Kondisi Makin Gawat, Begini Tanda-tandanya!

Sosok.ID - Delirium kini masuk jadi salah satu gejala baru pasien virus corona atau covid-19 yang ditemukan oleh tim medis baru-baru ini.

Gejala penderita covid-19 sebelumnya hanya merasa kelelahan, sesak nafas, batu, sakit kepala, nyeri dada dan nyeri otot, sulit berkonsentrasi, demam, menggigil, masalah pencernaan, kehilangan bau dan rasa, serta mata merah.

Namun sebuah studi yang baru menyatakan ada gejala lain yang dialami oleh pasien covid-19 baru-baru ini.

Gejala tersebut bahkan ditemukan di Indonesia.

Baca Juga: Korupsi dalam Kondisi Khusus, Tersangka Suap Bansos Covid-19 Mensos Juliari Batubara Bisa Terancam Hukuman Mati

Dokter Divisi Psikiatri Komunitas, Rehabilitasi, dan Trauma Psikososial, Departemen Ilmu Kesehatan Jiwa FKUI-RSCM, dr Gina Anindyajati SpKJ menerangkan hal tersebut.

Menurutnya kini ada banyak pasien covid-19 yang mengalami gejala delirium.

Gejala tersebut membuat pasien berada dalam kondisi memburuk dari kondisi medis sebelumnya.

Ia menjelaskan, delirium adalah suatu kondisi perubahan kesadaran yang onset-nya akut dan terjadi secara mendadak.

Baca Juga: Ngeri-ngeri Sedap, Baru Laksanakan Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka, 197 Siswa SMK di Satu Sekolah Positif Covid-19, Begini Kronologinya!

"Orang yang mengalami delirium menunjukkan adanya gangguan tingkat kesadaran, perhatian, kognitif (kemampuan berpikir), dan persepsi yang terjadi secara fluktuatif (berubah-ubah dari waktu ke waktu)," ujar Gina, dikutip dari Kompas.com, Jumat (11/12/2020).

Source : Kompas.com, Tribunnews.com

Editor : Sosok

Baca Lainnya

Latest