Rencana Busuk China Diungkap Gambar Satelit, Bangun Bunker Misterius di Dekat India padahal Baru Saja Berencana Tarik Puluhan Ribu Pasukan dari Perbatasan

ilustrasi konflik China dan India yang berebut Lembah Galwan hindustantimes.com
ilustrasi konflik China dan India yang berebut Lembah Galwan

Sosok.ID - Ketegangan antara China dan India memuncak sejak bulan Juni lalu.

Saat itu, setidaknya 20 tentara India tewas dalam pertarungan brutal tanpa senjata api dengan pasukan China di daerah perbatasan yang disengketakan di Himalaya Barat.

China mengaku tentaranya juga menjadi korban namun tidak menyebutkan jumlahnya.

Setelah berbuan-bulan mengalami kemajuan yang tidak menentu atas konflik tersebut, kedua belah pihak sedang membahas penarikan puluhan ribu pasukan militer dari gurun dataran tinggi, menurut pejabat Pemerintah India.

"Kami memiliki rencana tegas untuk penarikan (pasukan). Hal itu sedang dibahas secara internal di kedua sisi," kata salah satu pejabat Pemerintah India, yang berbicara tanpa menyebut nama karena sensitivitas situasi, kepada Reuters, Jumat (13/11).

Baca Juga: Benci Setengah Mati dengan Iran, Donald Trump Niat Berikan 'Pukulan Telak' Ini pada Iran Sebelum Joe Biden Menggantikannya, Langsung Bisa Sebabkan Perang Besar!

Berdasarkan rencana yang tertuang dalam pertemuan para komandan tertinggi India dan China pada Jumat (6/11) pekan lalu, kedua belah pihak akan mundur dari kawasan Danau Pangong Tso yang diperebutkan dan membentuk zona penyangga.

Tentara China akan membongkar struktur pertahanan di beberapa tanjakan berbukit yang menghadap ke Danau Pangong Tso dan mundur, para pejabat Pemerintah India menjelaskan tentang isi pertemuan tersebut.

Pasukan India, yang telah menempati posisi di ketinggian di tepi Selatan Danau Pangong Tso, juga akan mundur.

Selain itu, kedua belah pihak akan berhenti melakukan patroli di bagian tertentu.

Halaman selanjutnya...

Video Pilihan

POPULAR

TAG POPULAR