Follow Us

Iran Meradang Usai Pidato Raja Salman Menuduh Teheran Sponsor Teroris

Seto Ajinugroho - Rabu, 18 November 2020 | 07:13
Iran Meradang Usai Pidato Raja Salman Menuduh Teheran Sponsor Teroris
saudigazette.com.sa

Iran Meradang Usai Pidato Raja Salman Menuduh Teheran Sponsor Teroris

Sosok.ID - Sulit rasanya bagi negara Timur Tengah melawan Arab Saudi.

Riyadh memiliki posisi kuat di negara-negara Arab lantaran memegang kunci condongnya Timur Tengah ke pihak-pihak tertentu.

Tentara Amerika Serikat (AS) juga berada di Arab Saudi tepatnya di Eskan Village Air Base untuk bekerjasama dengan angkatan perang Raja Salman menjaga negara.

Maka jelas di sini Iran tak bisa apa-apa terhadap Arab Saudi.

Baca Juga: Mengancam? FPI Minta Mahfud MD Bicaranya Hati-hati, Sebut Jika Ada Penambahan Kasus Covid-19 Bukan karena Massa Habib Rizieq, Tapi Kegagalan Pemerintah

Kementerian luar negeri Iran telah menanggapi seruan Arab Saudi untuk tindakan global terhadap Iran. Iran menyerukan kerajaan untuk menahan diri dari "tuduhan tidak berdasar dan penyebaran kebencian".

Pernyataan itu muncul sehari setelah Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud mendesak dunia untuk mengambil "sikap tegas" guna mengatasi upaya Iran untuk mengembangkan program rudal nuklir dan balistiknya.

Dalam konferensi pers virtual di Teheran, juru bicara kementerian luar negeri Saeed Khatibzadeh mengatakan pada hari Senin itu bukan "tidak wajar" bagi penguasa Saudi untuk membuat pernyataan seperti itu.

“Tapi saya yakin pesan Iran sudah jelas… rezim Saudi harus tahu bahwa perdamaian tidak dapat dicapai dengan membunuh rakyat Yaman, kawasan itu tidak dapat diatur melalui penyebaran Wahhabisme dan kelompok takfiri, uang tidak dapat digunakan untuk melobi, dan sumber daya Dunia Muslim tidak bisa dihabiskan untuk mengkhianati Palestina, ”katanya.

“Selama penguasa Saudi tidak berbalik dari jalan yang salah ini, tidak akan ada prospek untuk memperbaiki situasi Saudi yang terisolasi bahkan di kawasan Teluk Persia.”

Baca Juga: Sudah dari Sananya Punya Wajah Ganteng yang Memikat, Ariel NOAH Sukses Bikin Kaum Hawa Jerit-jerit Heboh, Padahal Cuma Semenit Duduk di Kursi

Penguasa Saudi berusia 84 tahun itu juga mengatakan kepada Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa pada bulan September bahwa dunia perlu memerangi "ekspansionisme" Iran.

Source : kontan

Editor : Seto Ajinugroho

Baca Lainnya

Latest