Follow Us

Main Aman Tak Mau Campuri Urusan China, Indonesia Justru Diperkirakan Bakal Berselisih dengan China Suatu Saat Nanti, Rekam Jejak Konfik dengan China Ini Jadi Catatannya

Afif Khoirul M - Jumat, 30 Oktober 2020 | 21:35
Militer Indonesia sudah baca taktik licik China bangun pangkalan militer tengah laut
Via Intisari dan Dokumen TNI

Militer Indonesia sudah baca taktik licik China bangun pangkalan militer tengah laut

Sosok.ID - Saat ini, tak ada sengketa teritorial antara Indonesia dan China, dan masalah apapun dengan negeri panda tersebut.

Namun, menurut sebuah artikel yang diterbitkan Fpri.org, oleh Felix K.Chang, penelitis senior Kebijakan Luar Negeri, dan asisten profesor di Uniformed Services University of the Health Sciences.

Indonesia diprediksi akan mengalami perselisihan dengan China di masa depan, dilihat dari data-data hubungan kedua negara tersebut.

Dala tulisannya, Felix mengatakan memang tidak ada sengketa tanah, tetapi ada sengketa maritim, diperjelas pada Desember 2019.

Baca Juga: Meski Dapat Tekanan Dari Golongan Pria di Elit Politik, Sosok Kim Yo Jong Justru Makin Kuat di Politbiro Partai Buruh Korea Utara, Bisakah Menjabat Presiden?

Ketika sebuah kapal penjaga pantai Tiongkok mengawal beberapa kapal penangkap ikan masuk ke dalam sembilan garis putus-putus yang diproklamirkan Tiongkok.

Tetapi berada di wilayah Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia, dekat kepulauan Natuna di Laut China Selatan.

Ini adalah situasi memanas pertama Indonesia dengan China, di mana Jakarta langsung memanggil duta besar China untuk melakukan protes diplomatik.

TNI kemudian dikerahkan dengan sepuluh kapal angkatan laut, dan empat pesawat tempur F-16 ke pulau Natuna, pada awal tahun 2020.

Halaman Selanjutnya................

Source : Intisari Online

Editor : Intisari Online

Baca Lainnya

Latest