Follow Us

Padahal Sudah Bersikap Netral, Indonesia Terus Disentil China Mengenai Sengketa di Laut China Selatan dan Natuna, Media Australia Bahkan Sampai Menyorotnya

Afif Khoirul M - Senin, 21 September 2020 | 13:35
Buntut Coast Guard China Terobos Natuna Utara, Kemenlu Negeri Tirai Bambu Angkat Bicara
Bakamla

Buntut Coast Guard China Terobos Natuna Utara, Kemenlu Negeri Tirai Bambu Angkat Bicara

Sosok.ID - Media asal Australia, News.com.au, baru-baru ini menyoroti Indonesia yang mulai terseret dalam konflik Laut China Selatan.

News.com.au menyebut, Indonesia dalam kondisi siaga tinggi setelah China menyengolnya dengan lakukan aksi provokasi.

Laporan yang dibuat pada Minggu (20/9/20), menyoroti tindakan kapal China yang menerobos masuk ke wilayah perairan Indonesia, sekitar 1.500 km dari daratan China.

China bersikeras bahwa daerah tersebut adalah milik mereka, membuat Indonesia geram dan memobilisasi lebih banyak patroli untuk melakukan pengusiran.

Baca Juga: Lempar Batu Sembunyi Tangan, Kapalnya yang Sembrono Terobos Wilayah Laut Natuna, Tapi Malah Indonesia yang Dituduh Lakukan 'Trik Kecil' Ini di Laut China Selatan oleh Tiongkok

Selama ini, Natuna memang menjadi kawasan yang disengketakan oleh Indonesia dan China, sejak Januari lalu.

Awal pekan lalu, China Coast Guard 5201 juga memasuki Zona Ekonomi Eklsusif (ZEE) sepanjang 320 km Indonesia.

China melakukan klaim atas wilayah laut tersebut berdasarkan sembilan garis putus-putus. Namun, Indonesia mengatakan teritorial China bersifat sepihak, tanpa dasar hukum yang jelas.

Pengadilan Arbritase Permanen pada tahun 2016, menemukan Hukum Laut PBB (UNCLOS), klaim sembilan garis putus-putus China tidak valid.

Halaman Selanjutnya...............

Source : Intisari Online

Editor : Intisari Online

Baca Lainnya

Latest