Follow Us

Bendung Pengaruh China, Jepang Ingin Jalin Kerjasama Segala Bidang dengan Indonesia

Seto Ajinugroho - Sabtu, 17 Oktober 2020 | 06:13
Bendung Pengaruh China, Jepang Ingin Jalin Kerjasama Segala Bidang dengan Indonesia
East Asia Forum

Bendung Pengaruh China, Jepang Ingin Jalin Kerjasama Segala Bidang dengan Indonesia

ZONAJAKARTA.COM - Jepang ternyata melihat Indonesia sebagai mitra penting di Asia.

Tokyo bahkan memprioritaskan Jakarta harus menjadi rekan kerjasama segala bidang dengan Jepang.

Niatan ini rencananya akan segera diwujudkan oleh Jepang dalam waktu dekat.

Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga mengungkapkan rencana seriusnya untuk meningkatkan hubungan dengan Indonesia dan Vietnam. Hal ini dilakukan menyusul manuver China yang makin agresif di kawasan.

Baca Juga: Filipina Rela Perairannya Diobok-obok untuk Eksplorasi Minyak dan Gas, Pemerintah: Pencabutan Larangan Atas Dasar Itikad Baik

Suga yang baru menjabat pada September lalu akan mengikuti langkah pendahulunya, Shinzo Abe, dengan manjadikan Indonesia dan Vietnam sebagai negara pertama yang menjadi tujuan perjalanan luar negerinya.

Reuters mengabarkan bahawa Suga diperkirakan akan mengunjungi Indonesia dan Vietnam dalam perjalanan luar negeri selama empat hari.

Vietnam yang merupakan ketua ASEAN serta Indonesia sebagai negara dengan ekonomi terbesar di ASEAN, dianggap akan bisa memberikan pengaruh penting bagi kebijakan luar negeri Jepang di kawasan tersebut.

Baca Juga: Tak Lagi Ada Bekas Fisik Wanita, Pria Transgender Mati-matian Bentuk Otot Demi Gabung ke Militer AS, Tapi Ditolak oleh Trump

Jepang saat ini harus menyeimbangkan pengaruh ekonominya dengan China, begitu pula dengan masalah keamanan di kawasan tersebut.

Saat ini banyak negara ASEAN yang memiliki perselisihan teritorial secara langsung dengan China di Laut China Selatan. Kebanyakan dari mereka, termasuk Indonesia dan Vietnam, enggan terlibat dalam konflik berkepanjangan, apalagi jika sudah melibatkan AS di dalamnya.

Source : kontan

Editor : Seto Ajinugroho

Baca Lainnya

Latest