Follow Us

Filipina Rela Perairannya Diobok-obok untuk Eksplorasi Minyak dan Gas, Pemerintah: Pencabutan Larangan Atas Dasar Itikad Baik

Rifka Amalia - Jumat, 16 Oktober 2020 | 20:15
Laut China Selatan.
Google Maps via GridHot.ID

Laut China Selatan.

Sosok.ID - Presiden Filipina telah menyetujui pencabutan larangan eksplorasi minyak dan gas di atau dekat wilayah sengketa Laut China Selatan.

Larangan itu diberlakukan enam tahun lalu karena meningkatnya ketegangan wilayah dengan China, kata seorang pejabat pada 15 Oktober, dikutip dari The Diplomat.

Sekretaris Energi Alfonso Cusi mengatakan perusahaan yang mendapat kontrak untuk mengeksplorasi minyak dan gas di tiga wilayah yang luas di lepas Filipina barat telah diminta untuk melanjutkan operasi pencarian mereka, termasuk di wilayah yang berpotensi kaya minyak dan gas bernama Reed Bank.

Kapal-kapal Tiongkok mencoba mengusir kapal eksplorasi Filipina di Reed Bank setidaknya sekali di masa lalu, dan tidak segera jelas apakah Tiongkok mengetahui keputusan Filipina.

Baca Juga: Geser Posisi Kopassus di Jajaran Pasukan Tempur Terhebat di Dunia, Begini Taktik Perang LLR Filipina yang Hingga Mampu Geser Baret Merah Indonesia

Presiden Rodrigo Duterte telah membina hubungan yang lebih dekat dengan Beijing sejak menjabat pada tahun 2016 dan menempatkan keretakan teritorial di backburner di tahun-tahun awal kekuasaannya untuk menghindari menyinggung China.

“Kami perlu mengeksplorasi agar kami dapat mengatasi keamanan energi negara,” kata Cusi dalam sebuah pernyataan.

Dia berterima kasih kepada Duterte karena menyetujui rekomendasi departemen energi untuk mencabut moratorium eksplorasi energi selama bertahun-tahun.

Ladang gas lepas pantai bernama Malampaya, yang lebih dekat ke provinsi Palawan Filipina barat dan memasok sekitar 40 persen dari kebutuhan listrik di wilayah utara Luzon negara itu, mungkin akan habis cadangannya dalam waktu dekat, ungkap pejabat Filipina yang khawatir

Baca Juga: Ogah Banyak Cincong atas Konflik Laut China Selatan, AS Gamblang Tantang Duel China: Kalau Mau Perang, Saya Akan Perang!

“Dengan semakin menipisnya cadangan gas alam kami di Malampaya… ada keharusan yang mendesak untuk melanjutkan kegiatan eksplorasi, pengembangan, dan produksi dalam zona ekonomi eksklusif kami untuk memastikan kontinuitas pasokan sumber daya asli di negara ini,” kata Cusi.

Keputusan Filipina untuk mencabut larangan tersebut menempatkan perusahaan eksplorasi "di bawah kewajiban hukum untuk memasukkan modal ke dalam wilayah kontrak dan mempekerjakan insinyur Filipina dan pekerja teknis untuk melanjutkan eksplorasi," kata Cusi.

Source : the diplomat

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest