Follow Us

Dijanjikan Berbagai Mimpi Tapi Ujung-ujungnya Cuma Dikadali, Mantan Anak Buah Egianus Kogoya yang Serahkan Diri Kembali ke NKRI Bongkar Bobroknya KKB Papua: Tidak Solid Selalu Terpecah-pecah

Dwi Nur Mashitoh - Minggu, 04 Oktober 2020 | 16:13
Kawanan KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya
FB TPNPB

Kawanan KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya

Sosok.ID - Mantan anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua membongkar pengalaman pahitnya saat menjadi anak buah Egianus Kogoya.

Tenius Tebuni menyampaikan hal itu usai memutuskan untuk kembali ke Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada Jumat (2/10/2020).

Berikut rangkuman pengakuan Tenius Tebuni tentang KKB Papua dilansir dari Kompas TV dalam artikel 'Pengakuan Eks KKB yang Serahkan Diri: Ditipu Dijanjikan Diberi Banyak Uang, Faktanya Malah Kelaparan'

1. Ditipu

Baca Juga: KKB Papua Makin Kurang Ajar Tembaki Pesawat, Sejumlah Maskapai Kini Ogah Angkut Pasukan TNI-Polri ke Intan Jaya

Tenius Tebuni mengungkapkan alasan dirinya mau bergabung dengan KKB Papua ketika itu karena dijanjikan kehidupan serba mudah.

Segala kebutuhan hidupnya, kata dia, akan dipenuhi, termasuk juga diberikan banyak uang. Namun, seiring berjalannya waktu, dia sadar telah ditipu.

"Sering kelaparan di dalam hutan, karena kekurangan logistik. Ditambah KKB Papua tidak solid selalu terpecah-pecah dan bergerak sendiri-sendiri," kata Tenius Tabuni.

2. Menyakiti masyarakat

Baca Juga: Cari Perhatian Jelang Sidang Umum PBB, KKB Papua Tembak Mati Seorang Pendeta di Intan Jaya, Lalu Sebar Fitnah Sebut TNI Sebagai Dalangnya

Tak hanya itu, Tenius Tabuni mengaku selalu bertentangan dengan hati nuraninya selama bergabung dengan kelompok Rambo Lokbere yang dipimpin Egianus Kogoya.

Batinnya menjerit ketika KKB Papua kerap menyakiti masyarakat yang menolak membantunya.

Source : SURYA.co.id

Editor : Dwi Nur Mashitoh

Baca Lainnya

Latest