Follow Us

Jenderal TNI Ini Sarankan KKB Papua Dimasukkan Daftar Teroris Dunia karena Telah Membunuh Warga Sipil, Begini Tanggapan Menkopolhukam Mahfud MD

Dwi Nur Mashitoh - Senin, 06 Januari 2020 | 12:40
Tanggapan Mahfud MD soal KKB Papua dimasukkan daftar teroris dunia karena telah membunuh warga sipil
Kolase Tribun Papua dan Tribunnews

Tanggapan Mahfud MD soal KKB Papua dimasukkan daftar teroris dunia karena telah membunuh warga sipil

Sosok.id - Keberadaannya memang selalu meresahkan masyarakat Indonesia khususnya di Papua.

Tak jarang kelompok mereka membunuh anggota TNI.

Oleh karena itu, sudah saatnya kelompok mereka dinaikkan statusnya menjadi teroris.

Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal TNI (Purnawirawan) AM Hendropriyono menyatakan Organisasi Papua Merdeka (OPM) merupakan pemberontak, bukan kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Baca Juga: Sudah Salah Malah Minta Perang, Ulah KKB Egianus Kogoya yang Rusak Jembatan Penyeberangan Sebabkan Warga Nduga Kesulitan dapat Logistik

Hal ini dikarenakan agar pemerintah dapat menggunakan pendekatan militeristik dengan mengerahkan pasukan 'komando' TNI untuk memberantas tindakan kelompok OPM.

Hendropriyono kemudian mencontohkan keberhasilan TNI bertempur dengan kelompok Fretilin di Timor Leste dahulu.

''Kita bertempur di hutan-hutan Timtim (Timor-Timur) tidak pernah kalah, tapi akhirnya kalah dalam politik dan diplomasi internasional," katanya.

Melansir dari BBC, Hendropriyono juga menyatakan OPM melalui Tentara Nasional Papua Barat (TNPB) telah membunuh bukan hanya tentara dan polisi namun juga warga sipil.

Baca Juga: Meski Jadi Abdi Negara, Anggota Polisi Ini Rela Nyambi Jadi Petani Demi 3 Anak Jadi Perwira Angkatan Bersejata RI, Namun Putra Sulungnya Harus Gugur Diberondong Peluru KKB

Untuk itu, lanjut Hendropriyono, OPM tidak lagi hanya dikategorikan sebagai kelompok kriminal bersenjata, melainkan harus dikategorikan dalam organisasi teroris internasional.

Source : Suar.ID

Editor : Dwi Nur Mashitoh

Baca Lainnya

Latest