Follow Us

Sudah Disuntik Vaksin Covid-19 Buatan China, Seorang Sukarelawan Dikabarkan Positif Virus Corona, Tim Riset Ungkap Penyebabnya

Dwi Nur Mashitoh - Jumat, 11 September 2020 | 20:13
Ilustrasi - Sukarelawan yang disuntik vaksin dari China positif Covid-19.
Pixabay

Ilustrasi - Sukarelawan yang disuntik vaksin dari China positif Covid-19.

Sosok.ID - Kabar mengejutkan soal vaksin Covid-19 membuat geger publik.

Seorang sukarelawan vaksin Covid-19 dikabarkan positif virus corona.

Padahal sukarelawan itu disebut telah disuntik vaksin Covid-19 dari Sinovac, China.

Tim uji klinis vaksin Covid-19 dari Sinovac, China, menjelaskan tentang kabar yang beredar mengenai relawan vaksin Covid-19 yang terpapar virus corona itu.

Baca Juga: Tak Selevel dengan Negara Lain yang Berlomba-lomba Cari Vaksin Covid-19, Kim Jong Un Perintahkan Pasukan Korea Utara untuk Tembak Mati Siapapun yang Berada di Perbatasan Korut-China Demi Hentikan Penyebaran Virus Corona

"Relawan tersebut setelah mendapatkan suntikan (tidak diketahui vaksin atau plasebo) pertama, bepergian ke luar kota," ujar Ketua Tim Riset Uji Klinis Fase 3 Vaksin Covid-19 dari Fakultas Kedokteran Unpad, Prof Kusnandi Rusmil dalam rilisnya, Kamis (10/9/2020).

Kusnandi menjelaskan, pada kunjungan suntikan kedua, relawan secara klinis dinyatakan sehat dan diberikan suntikan kedua.

Keesokan harinya, relawan menjalani program pemeriksaan swab nasofaring dari Dinas Kesehatan karena ada riwayat ke luar kota.

Oleh petugas dilakukan pengambilan bahan dari apus hidung dan kemudian dikirimkan ke laboratorium BSL2 dengan hasil positif.

Baca Juga: Mutasi Virus Corona yang 10 Kali Lipat Lebih Menular di Negara Tetangga, Ahli Sebut Vaksin Covid-19 Tak Akan Efektif Melawannya

Hasil ini disampaikan pada yang bersangkutan.

Source : Kompas.com

Editor : Dwi Nur Mashitoh

Baca Lainnya

Latest