Follow Us

Bak Kebakaran Jenggot Saksikan Timor Leste Makin Mesra dengan China, Australia Ungkit dan Bandingkan Bantuan yang Disodorkan untuk Bumi Lorosae: Kontras!

Rifka Amalia - Jumat, 11 September 2020 | 19:13
(ilustrasi) Bendera Timor Leste
Freepik via Intisari

(ilustrasi) Bendera Timor Leste

Sosok.ID - Timor Leste, memiliki hubungan spesial dengan Australia.

Sebab Australia telah mendukung proses kemerdekaan Timor Leste, dan mendorong Bumi Lorosae untuk lepas dari NKRI.

Timor Leste juga kerap mendapat bantuan dari negeri Kanguru, dan menjalin kerja sama.

Akan tetapi semenjak Australia terungkap hanya memanfaatkan Timor Leste, negara itu mulai berpaling dari Australia dan mencari bantuan ke negeri China.

Media Australia The Sydney Morning Herald juga terus menyoroti mesranya hubungan Timor Leste China yang kian berkembang.

Baca Juga: Dikira Teman Tapi Diam-diam Menusuk dari Belakang, Timor Leste Kini Ogah Ketipu Akal Bulus Australia yang Sengaja Bantu Bumi Lorosae Lepaskan Diri dari NKRI karena Incar Ini

Tahun lalu alat berat China bernilai jutaan dollar dan setidaknya 20 pekerja China terlihat melaksanakan proyek infrastruktur di Timor Leste.

The Sydney Morning Herald dan The Age, mengunjungi dua dari lima kamp yang menampung setidaknya 500 pekerja Tiongkok dan 1000 penduduk setempat selama tahap pertama.

Tahap itu merupakan bagian dari pebangunan jalan tol empat jalur, yang membentang sepanjang 165 kilometer dari Suai ke Beaco.

Jalan Tol itu konon katanya, adalah bagian dari proyek Tasi Mane, megaproyek pembangunan di Bumi Lorosae.

Baca Juga: Habis Manis Sepah Dibuang, Timor Leste Dikabarkan Ingin Kembali ke Pelukan NKRI, Denny Siregar: Makan Tuh Gombalan Australia!

Dengan campur tangan China pada proyek itu, menunjukkan pengaruh negeri Panda di Asia Pasifik yang semakin kuat.

Source : Intisari Online

Editor : Sosok

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest