Follow Us

Dituding AS Punya Kekuatan Militer Lebih Unggul dan Mengancam, China Ngaku Hanya Difitnah

Dwi Nur Mashitoh - Jumat, 04 September 2020 | 10:13
Amerika Mengakui Jika US Navy Kalah Jumlah Dibanding PLA Navy China
China Daily

Amerika Mengakui Jika US Navy Kalah Jumlah Dibanding PLA Navy China

Sosok.ID - Hubungan antara China dan Amerika Serikat (AS) nampaknya makin sengit.

Sudah beberapa bulan terakhir kedua negara adidaya itu membuat khawatir sejumlah negara, khususnya di Asia Tenggara, karena konflik yang terjadi di Laut China Selatan.

Nampaknya, akhir dari ketegangan antara kedua negara itu masih menjadi angan-angan.

Sebab, baru-baru ini, AS menyebut bahwa militer China lebih unggul dan mengancam.

Baca Juga: AS Ketar-ketir, China Sedang Siapkan Senjata Mematikan yang Bisa Meluluhlantakkan Sebuah Kota Demi Wujudkan Mimpi Raih Gelar Militer Terkuat Dunia Tahun 2049

Namun, pihak militer China, Rabu (3/9/2020), dengan tegas menentang laporan sangat keliru yang dirilis oleh Departemen Pertahanan AS tentang militer China.

China mengatakan bahwa laporan itu penuh dengan pola pikir zero-sum game dan mentalitas perang dingin.

Melansir Xinhua, pernyataan Kantor Informasi Kementerian Pertahanan Nasional China datang sebagai tanggapan atas laporan AS yang menggembar-gemborkan apa yang mereka sebut sebagai "ancaman militer China" dan salah menafsirkan kebijakan pertahanan nasional dan strategi militer China.

Masih mengutip Xinhua, kantor tersebut mencatat bahwa laporan AS telah memfitnah modernisasi militer China, pengeluaran pertahanan dan kebijakan nuklir, memperburuk ketegangan di Selat Taiwan dan memicu konfrontasi lintas-Selat.

Baca Juga: Baru Kemarin Sore Kim Jong Un Kirim Pasukan untuk Tembak Mati Siapapun yang Ada di Perbatasan China Demi Hentikan Covid-19, Korea Utara Dikabarkan Sedang Latihan untuk Gelar Parade Militer Besar-besaran di Pyongyang

Kantor tersebut menekankan bahwa pihak China akan membuat tanggapan lebih lanjut sesuai dengan perkembangan situasi.

Sebelumnya diberitakan, Depertemen Pertahanan AS pada hari Selasa (1/9) waktu setempat, mengatakan bahwa saat ini armada militer mereka tertinggal dari China dalam segi jumlah.

Source : Kontan.co.id

Editor : Dwi Nur Mashitoh

Baca Lainnya

Latest