Follow Us

Mendarat di Taiwan, Pesawat Reconnaissance EP-3E Aries US Navy Segera Laksanakan Misi Memata-matai Beijing

Seto Ajinugroho - Kamis, 20 Agustus 2020 | 18:13
Mendarat di Taiwan, Pesawat Reconnaissance EP-3E Aries US Navy Segera Laksanakan Misi Memata-matai Beijing
fas.org

Mendarat di Taiwan, Pesawat Reconnaissance EP-3E Aries US Navy Segera Laksanakan Misi Memata-matai Beijing

Sosok.ID - Ingat, Amerika Serikat (AS) berinvestasi amat besar di bidang teknologi intelijen.

Karena selain bom nuklir, AS sangat menginginkan informasi intelijen untuk menekan lawannya tanpa harus mengerahkan militer.

Lebih jauh AS juga menggunakan data-data intelijen untuk membuat skala prioritas negara mana saja yang harus ia tumbangkan terlebih dahulu demi kepentingan nasionalnya.

Menurut Taiwan News, beberapa pengamat penerbangan mendeteksi pesawat mata-mata militer AS mendarat di ibukota Taipei, Selasa (18/8/2020).

Baca Juga: Selama Ini Dikira Ariel Noah Jadi Penengah, Ternyata Sosok Ini yang Mampu Cairkan Perang Dingin Luna Maya dan Cut Tari, Sahabat: Mukanya Pada 'Kenceng'!

Namun, Media lokal memberitakan, militer Taiwan membantah pesawat mata-mata milik AS mendarat di negara pulau itu. Melansir Anadolu Agency, dalam bantahannya, pejabat militer Taiwan mendesak orang-orang untuk menahan diri dari menyebarkan rumor.

Pesawat pengintai Golf9 melaporkan pada Selasa bahwa pesawat perang elektronik dan pengintai Lockheed EP-3E ARIES II Angkatan Laut AS dengan nomor registrasi 157318 tampak terbang di atas Taiwan utara.

"Anehnya, pesawat itu tampak seolah-olah lepas landas dari sebuah lapangan terbang di Taipei dan menuju ke Laut China Timur," kata laporan itu. Ditambahkan pula, pesawat itu dua kali bolak-balik melintasi Taiwan untuk kemudian menuju selatan menuju pedalaman negara.

Baca Juga: Tinggal Tulang Dibalut Kulit, Puluhan Anjing Ditemukan dalam Keadaan Kelaparan dan Dehidrasi di Kandang Peternakan

Ini adalah kedua kalinya sejak Jumat lalu pesawat yang sama terdeteksi di Taiwan utara.

Sementara itu, kapal perusak berpeluru kendali AS melewati Selat Taiwan pada Selasa setelah menggelar latihan militer dengan Pasukan Bela Diri Maritim Jepang.

Source : kontan

Editor : Seto Ajinugroho

Baca Lainnya

Latest