Follow Us

Donald Trump Makin Gemetar, Militer China Kembali Tunjukkan Taringnya dengan Peluncuran Rudal DF-26 Penghancur Kapal Induk AS

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Jumat, 07 Agustus 2020 | 16:13
(ilustrasi) Donald Trump Makin Gemetar, Militer China Kembali Tunjukkan Taringnya dengan Peluncuran Rudal DF-26 Penghancur Kapal Induk AS
China Military

(ilustrasi) Donald Trump Makin Gemetar, Militer China Kembali Tunjukkan Taringnya dengan Peluncuran Rudal DF-26 Penghancur Kapal Induk AS

Sosok.ID - Pasukan Roket Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) baru-baru ini meluncurkan rudal balistik anti-kapal jarak menengah bertajuk DF-26 dalam latihan yang masih berlangsung.

Peluncuran rudal tersebut setelah Amerika Serikat (AS) mengirim dua kapal induk ke Laut China Selatan, serta mengadakan latihan militer bersama dengan India, Jepang, dan Australia di Samudera Hindia dan Laut Filipina.

Mampu menyerang target bergerak di laut, DF-26 mendapat julukan "pembunuh kapal induk".

Brigade Rudal Pasukan Roket PLA baru-baru ini memulai latihan konfrontasi lintas regional.

Baca Juga: Bertugas Sterilkan Langit Eropa dari Pesawat Tempur NATO, Inilah Sukhoi Su-27, Jet Tempur Terbaik saat Perang Dingin yang Bikin Pesawat AS Langsung 'Melipir' Jika Didekati

Mereka melakukan latihan di gurun, medan yang rumit seperti hutan, simulasi serangan kimia, dan penyamaran kendaraan yang membawa rudal untuk menghindari deteksi satelit, dengan meluncurkan rudal DF-26.

Menurut Global Times mengutip laporan CCTV, latihan tersebut mengasah kemampuan reaksi cepat Pasukan Roket PLA, dan misi semacam ini akan berlanjut dalam satu hingga dua bulan ke depan.

Pengamat militer China mencatat, ini adalah demonstrasi peluncuran DF-26 yang langka.

Pada Januari 2019, peluncuran DF-26 diperlihatkan kepada masyarakat umum untuk pertama kalinya.

Baca Juga: Sempat Terbakar April Lalu, China Boleh Jumawa Karena Kapal Perang Amfibinya Sudah Mulai Debut Diuji di Laut, Mari Lihat Ketangguhan Kapal Perang Itu!

Song Zhongping, ahli militer China, mengatakan kepada Global Times pada Kamis (6/8), latihan terbaru menunjukkan DF-26 telah memperoleh kemampuan yang lebih kuat dalam skenario pertempuran nyata, termasuk manuver lintas regional, dan tidak bergantung pada situs peluncuran.

Source : Kontan.co.id

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya

Latest