Follow Us

Bukan Hanya Laut China Selatan, 5 Negara ASEAN Geram Tiongkok Sebabkan Kekeringan di Wilayahnya, Militer AS Siap Bertindak Pindah medan Perang ke Sungai Mekong!

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Senin, 03 Agustus 2020 | 17:35
Bukan Hanya Laut China Selatan, 5 Negara ASEAN Geram Tiongkok Sebabkan Kekeringan di Wilayahnya, Militer ASt Siap Bertindak Pindah medan Perang ke Sungai Mekong!
China MILITARY

Bukan Hanya Laut China Selatan, 5 Negara ASEAN Geram Tiongkok Sebabkan Kekeringan di Wilayahnya, Militer ASt Siap Bertindak Pindah medan Perang ke Sungai Mekong!

Sosok.ID - Bendungan Cina di Mekong disalahkan oleh beberapa orang karena kekeringan parah yang dialami negara-negara hilir pada pergantian tahun.

Bendungan bukan masalah yang menyebabkan kekeringan bagi negara-negara hilir di sepanjang Sungai Mekong - mereka adalah bagian dari solusi.

Setidaknya itu yang diungkap oleh temuan kontroversial dari studi Cina yang dirilis pada bulan Juli yang menuangkan air pada klaim oleh saingan investigasi yang didukung AS yang menyalahkan bendungan di Cina untuk kekurangan yang diderita oleh negara-negara Asia Tenggara di daerah hilir sungai.

Studi Cina, kolaborasi antara Universitas Tsinghua dan China Institute of Water Resources, berpendapat bahwa sebenarnya bendungan membantu mengatasi masalah dengan menyimpan air dari musim hujan dan melepaskannya di musim kemarau.

Klaim saingan telah melakukan lebih dari memicu diskusi akademis tentang akar penyebab kekurangan begitu parah Vietnam menyatakan keadaan darurat dan Thailand meminta militernya dalam upaya bantuan pada pergantian tahun.

Baca Juga: Tak Perlu Muluk-muluk, Perang AS-Tiongkok di Laut China Selatan Pasti akan Segera Pecah Jika Sampai Hal Sepele Ini Terjadi

Analis mengatakan klaim yang bersaing adalah tanda-tanda pertempuran untuk mengendalikan narasi framing Chinahubungandengan tetangganya yang lebih kecil di Asia Tenggara.

Singkatnya, kata mereka, Mekong telah menjadi front terbaru di Persaingan AS-Cina.

Mekong, sumber kehidupan bagi 60 juta orang, berasal dari Tiongkok sebelum mengalir Kamboja, Laos, Thailand, Myanmar dan Vietnam.

Laporan media di negara-negara hilir ini menghubungkan kekeringan dengan bendungan Cina yang menggunakan air dari hulu Mekong untuk pembangkit listrik tenaga air atau irigasi.

Klaim-klaim ini tampak bertambah berat pada bulan April ketika sebuah laporan oleh konsultasi Eyes on Earth menyimpulkan bahwa bendungan-bendungan Cina telah menahan 47 miliar meter kubik air.

Source : Asia Times, South China Morning Post

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya

Latest