Follow Us

Suami Curhat Diberi Makan Bangkai Ayam dan Sudah Tak Sanggup Jadi ABK di Kapal China, Wanita Ini Kirim Surat Terbuka ke Jokowi: Saya Memohon Bapak Presiden Dengar Jeritan Hati Istri Pelaut Ini

Dwi Nur Mashitoh - Rabu, 05 Agustus 2020 | 12:35
Inggrid Fredica, istri yang kirim surat terbuka ke Presiden Jokowi untuk minta bantuan pulangkan suaminya yang jadi ABK di kapal China.
Kompas.com/Tresno Setiadi

Inggrid Fredica, istri yang kirim surat terbuka ke Presiden Jokowi untuk minta bantuan pulangkan suaminya yang jadi ABK di kapal China.

Sosok.ID - Keresahan wanita ini terhadap sang suami yang menjadi anak buah kapal (ABK) di sebuah kapal China sudah memuncak.

Karena itu ia menulis surat terbuka kepada Presiden Joko Widodo agar suaminya dapat segera dipulangkan.

Dilansir Sosok.ID dari Kompas.com, ialah Inggrid Fredica (31) yang memohon bantuan kepada Jokowi untuk memulangkan suaminya, Samfarid Fauzi (33).

Warga Kabupaten Tegal, Jawa Tengah itu mengatakan bahwa suaminya yang bekerja di kapal China telah hilang kontak selama satu tahun terakhir.

Baca Juga: Disiksa Gegara Hal Sepele Bahkan Terkesan Dibuat-buat, ABK Kapal China Ceritakan Kekejaman Mandor dan Nahkoda Terhadap Pekerja dari Indonesia

"Saya berharap Pak Jokowi melalui bawahannya bisa mencari dan memulangkan suami saya dan kawan-kawannya sesama ABK," kata Ingrid, seperti dikutip Sosok.ID dari Kompas.com.

Menurut Inggrid, suaminya yang semula bekerja di pabrik memutuskan untuk menjadi ABK di kapal China pada April 2018.

Samfarid dikontrak selama 2 tahun oleh agen penyalur PT Puncak Jaya Samudra asal Palembang.

Kala itu, Samfarid yang didesak kebutuhan ekonomi dijanjikan gaji 300 USD tiap bulannya.

Baca Juga: Ditemukan Membeku di Freezer, Jasad WNI di Kapal China Diduga Tewas Dijotos Mandor, Pengakuan 22 ABK Indonesia Seret 1 WNA Jadi Tersangka

Samfarid kemudian bekerja di Kapal Fu Yuan Yu 060 lalu pindah ke Kapal Hanrong 361.

Hingga pada Februari 2020, Inggrid mendapat kabar bahwa Samfarid dipindahkan ke kapal lain.

Source : Kompas.com, Tribun Jateng

Editor : Dwi Nur Mashitoh

Baca Lainnya

Latest