Follow Us

Mayat Membeku di Lemari Pendingin Kapal China Ternyata Warga Lampung, Informasi BIN Sebabkan Kejar-kejaran TNI Polri dan Tiongkok

Rifka Amalia - Kamis, 09 Juli 2020 | 15:35
Tim kesehatan gabungan dari Bidokes Polda Kepri, Lanal Batam dan KKP kelas I Batam tengah melakukan pemeriksaan kesehatan para ABK kapal di dua kapal berbendera China, Rabu (8/7/2020)
TRIBUNBATAM.ID/ALAMUDIN

Tim kesehatan gabungan dari Bidokes Polda Kepri, Lanal Batam dan KKP kelas I Batam tengah melakukan pemeriksaan kesehatan para ABK kapal di dua kapal berbendera China, Rabu (8/7/2020)

Sosok.ID - Badan Intelijen Negara (BIN) menginformasikan adanya seorang Warga Negara Indonesia (WNI) yang meninggal di atas kapal China.

Informasi tersebut disampaikan pada 29 Juni 2020 lalu, dan mengawali pergerakan TNI-Polri dalam upaya pengejaran kapal Tiongkok.

Upaya tim gabungan TNI-Polri tersebut membuahkan hasil, dua kapal China bernama Lu Huang Yuan Yu 118 dan Lu Huang Yuan Yu 117, pada akhirnya berhasil diamankan pada Rabu (8/7/2020).

Melansir Tribun Medan, satu di antara dua kapal berbendera China itu ditepikan di perairan Kepri.

Baca Juga: Tegang! Detik-detik TNI Kejar 2 Kapal China Sampai ke Perairan Singapura, Temukan 23 WNI, Salah Satunya Tewas di dalam Lemari Pendingin

Sementara mayat WNI yang tersimpan di dalam freezer ditemukan di kapal Lu Huang Yuan Yu 118.

"Informasi meninggalnya salah satu ABK kita dapat dari salah satu keluarga dan dari Badan Intelijen Negara (BIN) pada 29 Juni lalu," ujar Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhart.

Berdasarkan informasi tersebut, tim dari Ditpolairud Polda Kepri mengerahkan kapal dan heli milik kepolisian bersama Bakamla, Bea Cukai dan Lanal Batam untuk melakukan pengejaran.

Sementara ABK yang meninggal dunia di atas kapal tersebut diketahui sebagai warga Lampung berinisial HA.

Baca Juga: Sembrono! Kapal China Kembali Cari Ikan di Laut Natuna Dikawal Coast Guard, TNI Tak Tinggal Diam Langsung Tempel Pakai 8 Kapal Perang

Mayat ABK yang meninggal di atas kapal itu lantas dievakuasi ke Rumah Sakit Bhayangkara Polda Kepri

Source : Kompas.com, Tribun Medan

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest