Follow Us

Tekad Menangi China! Australia India Segel Kerja Sama Militer dan Maritim, Manifestasi Amarah atas Setiran Beijing di Indo-Pasifik

Rifka Amalia - Jumat, 05 Juni 2020 | 19:35
Ilustrasi - Militer India
Indian Defence Review

Ilustrasi - Militer India

Sosok.ID - India dan Australia menandatangani pakta yang akan memperkuat ikatan keamanan mereka.

Para pengamat mengatakan itu adalah manifestasi dari kemarahan kedua negara terhadap meningkatnya pengaruh China di wilayah tersebut.

Ini mengikuti hubungan kedua negara yang memburuk dengan China.

Bisakah pengaturan keamanan ini menghentikan pengaruh orang China?

Baca Juga: Pecah Perang? Setelah Kirim Pasukan Gabungan Serta Senjata Canggih Kini China dan India Tambah Jet Tempur Diperbatasan,

Mengutip Global Village Space, India dan Australia memperkuat hubungan keamanan pada hari Kamis (4/6/2020), termasuk menyegel pakta untuk meningkatkan dukungan logistik militer dan kerja sama maritim.

Diketahui, kedua negara itu mengalami ketegangan yang meningkat dengan negara adidaya regional China.

China semakin memproyeksikan diri di luar perbatasannya, sebuah langkah yang membuat kesal negara-negara Barat dan negara tetangga India.

Dalam pertemuan puncak virtual yang diadakan secara online ketika pandemi covid-19 membatasi perjalanan internasional, kedua pemimpin menandatangani "Pengaturan Dukungan Logistik Bersama" ketika mereka memuji peningkatan kemitraan strategis masing-masing.

Baca Juga: Tegang! India dan Tiongkok Kirim Ribuan Tentara dan Artileri Berat di Perbatasan Setelah Terjadi Aksi Saling Lempar Batu, Warga Setempat Panik Perang Akan Meletus

"India berkomitmen untuk lebih mengintensifkan hubungan komprehensif dengan Australia," kata Perdana Menteri India Narendra Modi dalam pidato pembukaan.

"Ini penting tidak hanya untuk kedua negara kita, tetapi juga diperlukan untuk kawasan Indo-Pasifik serta dunia."

Source : Global Village Space

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest