Follow Us

Serupa tapi Tak Sama, Jokowi Sebut Mudik dan Pulang Kampung Itu Beda, Rupanya karena Hal Ini..

Rifka Amalia - Kamis, 23 April 2020 | 15:30
 Presiden Joko Widodo alias Jokowi membuat pernyataan bahwa mudik dan pulang kampung adalah dua hal yang berbeda
Tribunnews

Presiden Joko Widodo alias Jokowi membuat pernyataan bahwa mudik dan pulang kampung adalah dua hal yang berbeda

Sosok.ID - Presiden Joko Widodo alias Jokowi membuat pernyataan bahwa mudik dan pulang kampung adalah dua hal yang berbeda.

Seperti diketahui, Jokowi mulanya tidak melarang mudik di tengah pandemi Covid-19.

Padahal dalam beberapa kesempatan ia menegaskan bahwa melakukan perjalanan jarak jauh akan meningkatkan risiko terinfeksi Covid-19.

Sempat berpolemik, Jokowi akhirnya resmi melarang mudik pada Selasa (21/4/2020).

Baca Juga: Kim Jong Un Tidak Dipersiapkan Memimpin Korea Utara, Justru Orang Inilah Pewaris Tahta Sebenarnya Dinasti Kim

Mengutip Kompas.com, larangan mudik ini disampaikan Presiden Jokowi dalam rapat terbatas melalui video conference.

"Pada rapat hari ini saya ingin menyampaikan juga bahwa mudik semuanya akan kita larang," kata Jokowi seperti yang dikutip Sosok.ID, dilansir dari Kompas.com, Kamis (23/4).

Namun saat ditanya Najwa Shihab mengenai alasan pemerintah tidak melarang mudik sejak penetapan tanggap darurat Covid-19 agar mata rantai virus corona terputus lebih awal, Jokowi menjawab bahwa menurutnya saat itu masyarakat pulang kampung dan bukan mudik.

Baca Juga: Gejala Covid-19 Makin Aneh, Kulit Dua Dokter dari Wuhan Ini Menjadi Gosong Setelah Terinfeksi Virus Corona, Ternyata Ini Penyebabnya

Presiden Joko Widodo dan Najwa Shihab
Tribun

Presiden Joko Widodo dan Najwa Shihab

"Kalau itu bukan mudik. Itu namanya pulang kampung," katanya dalam program Mata Najwa yang tayang pada Rabu (22/4), dikutip dari Kompas.com.

"Memang bekerja di Jabodetabek, di sini sudah tidak ada pekerjaan, ya mereka pulang. Karena anak istrinya ada di kampung, jadi mereka pulang," kata Jokowi menjelaskan arti kata pulang kampung.

Source : Kompas.com

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest