Follow Us

Bukan Desember, Covid-19 Dideteksi Sejak November Tahun Lalu, Ada Sembilan Orang Jadi Pasien Pertama, Tapi Di Situs WHO Sebut Muncul Penemuan Pertama 8 Desember

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Selasa, 31 Maret 2020 | 20:00
(ilustrasi) Bukan Desember, Covid-19 Dideteksi Sejak November Tahun Lalu, Ada Sembilan Orang Jadi Pasien Pertama, Tapi Di Situs WHO Sebut Muncul Penemuan Pertama 8 Desember
marketwatch.com/

(ilustrasi) Bukan Desember, Covid-19 Dideteksi Sejak November Tahun Lalu, Ada Sembilan Orang Jadi Pasien Pertama, Tapi Di Situs WHO Sebut Muncul Penemuan Pertama 8 Desember

Sosok.ID - Virus corona kini jadi perhatian banyak pihak di seluruh dunia lantaran telah menyebar begitu cepat dan memakan banyak korban.

Tak sampai jangka waktu setengah tahun, virus tersebut telah menyebabkan kegaduhan di seluruh dunia lantaran persebarannya yang begitu cepat.

Virus yang dideteksi muncul pertama kali di kota Wuhan, China tersebut telah menyita perhatian para peneliti dan ilmuan dunia.

Kini para ilmuwan tersebut tengah mengkaji pasien nol, atau orang pertama di dunia yang terinfeksi virus tersebut.

Baca Juga: Tabrak Pejalan Kaki hingga Tewas, Wanita Ini Malah Jambak Istri Korban yang Tengah Meratapi Kepergian sang Suami, Video Keributannya di Samping Tubuh Korban yang Terkapar Tak Bernyawa Viral

Sebab hal itu sangat penting untuk melihat dari manakah virus tersebut berasal dan bisa membantu untuk menemukan vaksin virus tersebut.

Kasus pertama seseorang di Tiongkok menderita Covid-19, penyakit yang disebabkan oleh novel coronavirus, dapat ditelusuri kembali ke 17 November, menurut data pemerintah yang dilihat dari South China Morning Post .

Pihak berwenang China sejauh ini mengidentifikasi setidaknya 266 orang yang terinfeksi tahun lalu, yang semuanya berada di bawah pengawasan medis di beberapa titik.

Beberapa kasus kemungkinan ditunda setelah otoritas kesehatan menguji spesimen yang diambil dari pasien yang dicurigai.

Baca Juga: Resmi! Presiden Jokowi Tetapkan Status Pembatasan Sosial Berskala Besar, Polri Diperbolehkan Ambil Langkah Hukum, Sedang Kepala Daerah Dihimbau Tak Gegabah: Tidak Buat Kebijakan Sendiri

Wawancara dengan whistle-blower dari komunitas medis menunjukkan bahwa dokter China baru menyadari bahwa mereka sedang menghadapi penyakit baru pada akhir Desember.

Para ilmuwan telah mencoba memetakan pola penularan awal Covid-19 sejak epidemi dilaporkan di kota Wuhan di Cina tengah pada Januari, dua bulan sebelum wabah menjadi krisis kesehatan global.

Source : WHO, South China Morning Post, The Lancet

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya

Latest