Follow Us

Diragu-ragukan Banyak Pihak, Pulang dari Bali, WN China Terinfeksi Virus Corona, Kemenkes: Sangat-sangat Mungkin Tertular di Shanghai

Rifka Amalia - Jumat, 14 Februari 2020 | 11:15
Ilsutrasi - Tim medis RSUP Sanglah dalam simulasi penanganan pasien terjangkit virus corona di Ruang Isolasi Nusa Indah, Rabu (12/2/2020).
KOMPAS.com/IMAM ROSIDIN

Ilsutrasi - Tim medis RSUP Sanglah dalam simulasi penanganan pasien terjangkit virus corona di Ruang Isolasi Nusa Indah, Rabu (12/2/2020).

Sosok.ID - Belakangan, masyarakat Indonesia dibuat gelisah sebab Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sedikit sanksi dengan pernyataan Indonesia yang masih belum melaporkan adanya kasus corona.

Beberapa pihak mengkhawatirkan Indonesia tak mampu menangani mendeteksi virus corona dengan cepat.

Ahli epidemiologi Marc Lipsitch dari Harvard TH Chan School of Public Health sempat memberikan pernyataan yang menduga sebenarnya virus corona telah mewabah di Indonesia, tetapi tak terdeteksi.

Jika benar, maka corona akan membentuk epidemi jauh lebih besar di Indonesia.

Baca Juga: Menteri Kesehatan Ngamuk Besar! Sebut Peneliti Harvard Sudah Hina Indonesia yang Dikatakan Tak Bisa Deteksi Virus Corona, Terawan: Orang Indonesia Lebih Sehat!

Namun, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menegaskan bahwa Indonesia memang nol kasus corona.

Menurutnya, Indonesia telah memiliki sejumlah peralatan yang mumpuni untuk mendeteksi virus corona.

Baru-baru ini beredar kabar bahwa seorang WN China terinfeksi virus corona setelah mengunjungi Bali.

Saat kembali ke China, ia dikabarkan positif virus corona pada 5 Februari 2020.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Bali I Ketut Suarjaya menegaskan, WN China tersebut tak mungkin terinfeksi di Bali.

Baca Juga: Nyaris Punahkan Manusia, Wabah Penyakit yang Pernah Menyebar di Masa Perang Dunia I Ini Menginfeksi Sepertiga Penduduk Bumi hingga Tewaskan 100 Juta Jiwa, Virus Corona Tak Ada Apa-apanya

Pasalnya, pihaknya telah melakukan pengecekan secara keseluruhan terhadap WN China yang masuk dan keluar Bali.

Source : Kompas.com

Editor : Sosok

Baca Lainnya

Latest