Follow Us

Astronom dan Fisikawan Kerepotan Cari Dunia Baru di Alam Semesta, Pemagang 17 Tahun Menemukannya Hanya dalam Waktu 3 Hari Saja!

Rifka Amalia - Rabu, 15 Januari 2020 | 18:15
Ilustrasi planet TOI 1338 b.
YouTube/NASA Goddard

Ilustrasi planet TOI 1338 b.

Sosok.ID - Sebuah kisah menakjubkan dibagikan NASA pada lamannya di Nasa.gov pada Selasa (7/1/2020).

Kisah tersebut menceritakan tentang seorang pemagang musim panas yang berhasil menemukan planet baru dengan dua bintang hanya dalam waktu tiga hari saja.

Pada tahun 2019, ketika Wolf Cukier menyelesaikan tahun pertamanya di Sekolah Menengah Scarsdale di New York, ia bergabung dengan Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA di Greenbelt, Maryland.

Tugas Wolf Cukier sebagai pemagang adalah meneliti ragam variasi dalam kecerahan bintang yang ditangkap oleh Satelit Transit Exoplanet Survei NASA (TESS).

Baca Juga: Batal Tunaikan Janji 500 Tahun Runtuhnya Majapahit, Raja dan Ratu Keraton Agung Sejagat Diciduk Polisi, Gagal Jadi Juru Damai Dunia

Proyek ini memungkinkan bagi orang yang tidak bekerja di NASA untuk turut membantu menemukan planet-planet baru.

"Saya sedang melihat melalui data untuk semua yang telah ditandai oleh para sukarelawan sebagai biner gerhana (eclipsing binary), sebuah sistem dimana dua bintang mengelilingi satu sama lain dan dari pandangan kami gerhana terjadi satu sama lain di setiap orbit," kata Cukier, dikutip dari laman nasa.gov, Rabu (15/1/2020).

“Sekitar tiga hari dalam masa magang saya, saya melihat sinyal dari sistem yang disebut TOI 1338. Awalnya saya pikir itu adalah gerhana bintang, tetapi waktunya tidak tepat. Ternyata itu adalah sebuah planet. ” lanjut Cukier.

Disebut sebagai TIO 1338b, Cukier menemukan planet itu sambil melihat melalui NASA yang mengorbit Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS).

Baca Juga: Kapolri Sindir Gaya Istri Pejabat Polisi Daerah yang Minta Fasilitas Berlebihan, Idham Azis: Ibu Negara Mau Pulang ke Solo Tidak Ada yang Antar!

TIO 1338b merupakan sebuah penemuan pertama yang dilakukan melalui program ini.

Planet tersebut memiliki ukuran 6,9 kali lebih besar dari Bumi, atau antara ukuran Neptunus dan Saturnus.

Source : nasa.gov, Thehill.com