Follow Us

Tanpa Dilengkapi Senjata, Begini Cara Cerdik Petugas Penjaga Perbatasan Laut Indonesia Usir Kapal China Penuh Persenjataan, Bakamla: Kita Pakai Keris!

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Kamis, 09 Januari 2020 | 10:40
Tanpa Dilengkapi Senjata, Petugas Perbatasan Tak Gentar Tatap Muka Dengan Kapal China Bersenjata Lengkap, Bakamla: Kita Pakai Keris!
Kolase capture Youtube Najwa Shihab

Tanpa Dilengkapi Senjata, Petugas Perbatasan Tak Gentar Tatap Muka Dengan Kapal China Bersenjata Lengkap, Bakamla: Kita Pakai Keris!

Sosok.ID - Isu mengenai batas wilayah Indonesia dengan China sedang memanas baru-baru ini.

Bahkan sampai membuat indonesia geram dan akhirnya mengirim kapal perang seperti Kapal Republik Indonesia (KRI) milik TNI AL ke kepulauan Natuna, Riau.

Hal tersebut dimaksudkan bahwa memberi gambaran pada beijing, Indonesia tak kan mundur satu langkah pun dari Laut Natuna.

Langkah yang dilakukan itu adalah bentuk nyata sesuai dengan perjanjian yang telah disetujui termasuk dengan Indonesia dan China dalam peraturan batas wilayah laut.

Baca Juga: Nikah Dengan Pengusaha Tambang Saat Berusia 18 Tahun, Presenter Cantik Ini Bantah Incar Kekayaan Suami Dengan Hal Ini!

Sebab perairan Natuna berdasarkan Konvensi United Nations Convention on The Law of The Sea (UNCLOS) 1982, jelas wilayah yang jadi sengketa itu masuk dalam Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia.

Namun kenekatan China di wilayah ZEE Indonesia itu pun tak didiamkan oleh pemerintah.

Hingga terakhir, dilansir dari Kompas.com, Presiden dengan didampingi beberapa menteri serta petinggi TNI datangi langsung Natuna.

Presiden Joko Widodo menegaskan, wilayah Kepulauan Natuna merupakan teritorial Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca Juga: Jadi Pimpinan Saat Tumpas Partai Komunis, Sosok Mantan Presiden Indonesia Ini Ternyata Punya Trauma Dengan Lambang Partai Tersebut!

Kepulauan tersebut beserta perairannya secara administratif termasuk dalam Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, yang menjadi kabupaten terluar di sebelah utara.

Source : Kompas.com, YouTube

Editor : Sosok

Baca Lainnya

Latest