Follow Us

Foto-Foto Gelar Pasukan TNI di Natuna, Siap Sedia Menyambut Datangnya Eskalasi Konflik dengan Coast Guard China

Seto Ajinugroho - Minggu, 05 Januari 2020 | 08:00
Foto-Foto Gelar Pasukan TNI di Natuna, Siap Sedia Menyambut Datangnya Eskalasi Konflik dengan Coast Guard China
@puspentni

Foto-Foto Gelar Pasukan TNI di Natuna, Siap Sedia Menyambut Datangnya Eskalasi Konflik dengan Coast Guard China

Sosok.ID - Laksdya TNI Yudo Margono yang didapuk sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan I) memimpin apel gelar pasukan untuk pengamanan laut Natuna.

Gelar pasukan ini dilakukan di Paslabuh, Selat Lampa, Ranai, Natuna, Jumat (3/1/2020).

Mengutip akun instagram @puspentni, Sabtu (4/1/2020) ratusan prajurit dan alutsista TNI nampak berjejer rapi untuk bersiap menyambut datangnya eskalasi konflik dengan Coast Guard China dan siapapun yang hendak ganggu kedaulatan Indonesia.

Pasukan yang terlibat dalam apel tersebut berjumlah kurang lebih 600 personel, terdiri dari 1 Kompi TNI AD Batalyon Komposit 1 Gardapati, 1 Kompi Gabungan TNI AL terdiri dari personel Lanal Ranai, unsur KRI Teuku Umar 385 dan KRI Tjiptadi 381, Satgas Komposit Marinir Setengar, serta 1 Kompi TNI AU (Lanud Raden Sadjad dan Satrad 212 Natuna).

Baca Juga: Dikhianati Dan Ditinggal Menikah Lagi, Sule Kepergok Tangisi Kematian Mantan Istrinya di Depan Rizky Febian Hingga Tak Mau Jauh Dari Jenazah Lina, Panji: Sabar Ya Kalian...

Dalam arahannya, Laksdya TNI Yudo Margono menekankan pelanggaran batas wilayah yang dilakukan kapal asing di ZEE Indonesia merupakan ancaman bagi NKRI.

Sebab itu TNI sebagai alat pertahanan negara dengan tugas pokok mempertahankan kedaulatan Indonesia wajib melakukan penindakan hukum terhadap para pelanggar itu.

Mulai 1 Januari 2020, Pangkogabwilhan I sudah diberi mandat oleh Komando Atas TNI untuk melaksanakan operasi gabungan siaga tempur yang dilakukan semua unsur AD, AU dan AL.

Baca Juga: Alamat Coast Guard China Remuk di Natuna Jika TNI AL Sampai Hati Luncurkan Rudal Maut Pelibas Kapal Induk Ini

Dalam amanatnya Pangkogabwilhan I juga menegaskan agar prajurit TNI yang mengawaki KRI maupun pesawat terbang agar memahami aturan-aturan yang berlaku baik hukum laut internasional maupun hukum nasional di wilayah laut Indonesia.

Lantas melakukan penindakan secara terukur dan profesional serta tidak menganggu hubungan dengan negara tetangga sekitarnya.

Baca Juga: Pesan Terakhir Lina Sebelum Hembuskan Nafas Terakhir Kepada Rizky Febian dan Putri Delina Ketika Menggendong Anak Ketiganya

Selanjutnya gunakan Role of Engagement (RoE) yang sudah dipakai dalam operasi sehari-hari. (Seto Aji/Sosok.ID)

Source : @puspentni

Editor : Seto Ajinugroho

Baca Lainnya

Latest