Follow Us

Kisah Basoeki Abdullah, Pelukis Legendaris Hingga Dibuatkan Museum Namun Tragis Diakhir Hayat Oleh Orang Dekat, Tak Bisa Rampungkan Gambar Habibie

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Selasa, 05 November 2019 | 17:52
Basoeki Abdullah dna karyanya,

Basoeki Abdullah dna karyanya,

Sosok.ID - Tepat pada tanggal 5 November 1993 menjadi hari kelabu bagi insan seni dan masyarakat Indonesia.

Sebab seorang maestro lukis yang telah mangkat pada penghujung tahun 1993 tersebut.

Raden Basoeki Abdullah lahir pada 27 Januari 1915 di Kota Bengawan, Solo, kemahiran jarinya dalam memegang kuas lukis telah diakui dimana-mana.

Bahkan sejak berusia empat tahun ia sudah gemar melukis tokoh-tokoh terkenal seperti Mahatma Gandhi, Rabindrath Tagore hingga Krisnamurti.

Baca Juga: Gegara Kecanduan Game Online Hingga Butuh Uang Rp 180 Ribu, Pemuda Ini Nekat Lakukan Tindakan di Luar Nalar Pada Supir Taksi Online

Dikutip dari laman resmi museum Basoeki Abdullah, museumbasoekiabdullah.or.id, dalam mematangkan kemampuan melukisnya, ia pernah menempuh pendidikan dibeberapa tempat di luar negeri.

Ia adalah anak kedua dari pelukis Raden Abdullah Surtosubroto, pernah mengenyam pendidikan di Royal Academy of Fine Art dan melanjutkan studinya di The Hagues, Gravenshage, serta Free Academy of Fine Arts di Den Haag, Belanda.

Bahkan ia pernah menetap selama 15 tahun di negeri Gajah Putih, Thailand, bukan main-main, kariernya di Thailand tak bisa diremehkan begitu saja.

Sebab ia pernah menjadi pelukis di Istana Raja di Thailand selama tinggal di negara tersebut.

Dilansir dari Harian Kompas, (6/11/93), Basoeki dikabarkan pernah menikah dengan seorang wanita asal belanda bernama Josephine pada tahun 1937 di Den Haag.

Namun rumah tangga pelukis legendaris tersebut tidaklah mulus hingga harus berpisah setelah tiga tahun menikah.

Baca Juga: Terlalu Emosi, Emak-emak Nyaris Meninggal Hanya Gegara Omeli Anak yang Tak Bisa Kerjakan PR Matematika

Source : Kompas.com, harian kompas, museumbasoekiabdullah.or.id

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya

Latest