Follow Us

Mengenal Desa Tanpa Rahim, Ditempat Ini Wanita Dilarang Menstruasi Jika Tak Ingin Kehilangan Pekerjaan

Seto Ajinugroho - Rabu, 16 Oktober 2019 | 17:17
Mengenal Desa Tanpa Rahim, Ditempat Ini Wanita Dilarang Menstruasi Jika Tak Ingin Kehilangan Pekerjaan
The Daily Beast

Mengenal Desa Tanpa Rahim, Ditempat Ini Wanita Dilarang Menstruasi Jika Tak Ingin Kehilangan Pekerjaan

Sosok.ID – Datang bulan atau menstruasi merupakan 'hajatan' perempuan setiap bulan secara periodik.

Menstruasi akan berhenti dengan sendirinya jikalau wanita sudah mengalami masa Menopause.

Namun menstruasi bisa menjadi masalah serius di India.

Dua berita yang sangat mengkhawatirkan muncul di India baru-baru ini. Yakni mengenai kesehatan reproduksi wanita dan kurangnya perlindungan bagi wanita kelas pekerja terkait dengan menstruasi.

Geeta Pandey dari BBC News, melaporkan bahwa banyak wanita yang bekerja di ladang tebu di negara bagian Maharashtra, diminta untuk melakukan operasi pengangkatan rahim untuk menghentikan menstruasi sehingga mereka tidak absen kerja lagi saat ‘tamu bulanan’ datang.

Baca Juga: Menjadi Saksi Ganasnya Suku Pemburu Kepala di Kalimantan, Wanita Eropa Ini Merinding Disuguhi Tontonan Mengerikan

Setiap tahunnya, puluhan ribu keluarga dari distrik Beed, Osmanabad, Sangli, dan Solapur, bermigrasi ke wilayah barat India yang dikenal dengan julukan "sabuk gula". Ketika sampai di sana, warga miskin ini berada di bawah kekuasaan kontraktor serakah yang menggunakan setiap kesempatan untuk mengeksploitasi mereka.

Pertama-tama, mereka enggan memperkerjakan perempuan karena memotong tebu adalah pekerjaan berat. Juga karena perempuan dianggap merugikan karena kehilangan satu atau dua hari produktivitasnya selama menstruasi. Kejamnya, jika para pekerja ini tidak masuk sehari saja, mereka tetap harus membayar penalti.

Pada akhirnya, sekelompok wanita yang kebanyakan berasal dari keluarga miskin dan tanpa pendidikan ini pun, terpaksa membuat pilihan yang memiliki dampak jangka panjang dan fatal yang memengaruhi kesehatan dan kehidupan mereka.

Desa wanita tanpa rahim

Di salah satu distrik di India Barat itu, tercatat ada 4.605 praktik histerektomi. Kebanyakan dilakukan pada wanita di bawah 40 tahun. Namun, pada beberapa kasus, pengangkatan rahim ini juga terjadi pada perempuan berusia 20-an.

Baca Juga: 6 Fakta Seorang Sniper, Kotorannya Harus Ia Bawa Kesana Kemari Ketika Berada di Medan Perang

Source : national geographic

Editor : Seto Ajinugroho

Baca Lainnya

Latest