Follow Us

Kala Anak Ahmad Yani Kisahkan Detik-detik Mendebarkan G30S/PKI, Irawan Sura Eddy: Pak Bangun Pak, Ada Tjakrabirawa Mencari Bapak

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Selasa, 10 September 2019 | 16:00
Kala Anak Ahmad Yani Kisahkan Detik-detik Mendebarkan G30S, Irawan Sura Eddy: Pak Bangun Pak, Ada Tjakrabirawa Mencari Bapak
TRIBUNNEWS.COM / Fransiskus Adhiyuda

Kala Anak Ahmad Yani Kisahkan Detik-detik Mendebarkan G30S, Irawan Sura Eddy: Pak Bangun Pak, Ada Tjakrabirawa Mencari Bapak

Sosok.ID - Keheningan kala dini hari menyelimuti sebuah kediaman Menteri Angkatan Darat, Jalan Lembang, Jakarta pada Jumah (1/10/1965).

Rumah yang ditinggali oleh Panglima Angkatan Darat kala itu, Letnan Jenderal Ahmad Yani menjadi saksi bisu peristiwa berdarah yang pernah terjadi di Indonesia.

Irawan Sura Eddy, kala itu berusia 7 tahun terbangun dan mendapati ia sendirian kemudian bergegas mencari ibundanya.

Tetapi sang ibunda tak ada, karena sedang berada du rumah lainnya di Jalan Taman Surapati.

Baca Juga: Klaim dapat Perintah Tuhan, Sosok Misterius Berjubah Putih Khotbah Agar Pedagang Pasar Jangan Jualan di Hari Minggu, Libur Saja

Maka ia membangunkan Mbok Mirah, pembantu dirumah Ahmad Yani kala itu untuk menemaninya duduk di ruang keluarga belakang.

Eddy, sapaannya ingin menunggu sang ibu pulang kerumah agar bisa melanjutkan tidur malamnya kala itu.

Detik selanjutnya, terdengar suara gaduh dari tempat penjagaan rumah dinas Panglima AD tersebut.

Heningnya malam itu terpecah oleh kegaduhan tersebut oleh kedatangan sepasukan tentara tak dikenal dengan cepat masuk ke halaman rumah.

Baca Juga: Alih-alih Ingin Sembuh dari Penyakit, Ibu Paruh Baya Justru Diberi Obat Kadaluarsa oleh Puskesmas Setempat, Ini Kronologinya!

Dalam buku "Titik Silang Jalan Kekuasaan Tahun 1966", menuliskan bagaimana tentara yang berseragam Cakrabirawa dengan senjata lengkap tersebut datang ke rumah sang Jenderal.

Tentara yang dipimpin Pembantu Letnan Satu Mukidjan dan Sersan Raswad segera masuk ke dalam rumah melalui belakang.

Source : YouTube

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya

Latest