Follow Us

Ikuti Langkah Presiden, Ridwal Kamil Berencana Pindahkan Ibu Kota Jawa Barat, Berikut 3 Opsi Pengganti Bandung

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Kamis, 29 Agustus 2019 | 15:43
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat ditemui di Gedung DPRD Jabar, Jalan Diponegoro, Senin (26/8/2019).
Kompas.com

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat ditemui di Gedung DPRD Jabar, Jalan Diponegoro, Senin (26/8/2019).

Sosok.id - Langkah mengejutkan Jokowi mengambil keputusan pindahkan Ibu kota Negara ke wilayah antara Kabupaten Penajam Paser Utara dan Balikpapan di Provinsi Kalimantan Timur.

Dilansir dari Tribunnews.com, langkah ini diambil lantaran kegiatan ekonomi yang terpusat di Pulau Jawa menjadi sangat padat dan menciptakan ketimpangan dengan pulau-pulau di luar Jawa.

Ada pula alasan lain yang dikemukakan oleh Jokowi didampingi beberapa pejabat negara dan dua Gubernur baik dari DKI Jakarta dan Kalimantan TImur.

Konferensi pers pengumuman mengenai perpindahan ibu kota negara tersebut dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta pada Senin (26/8/19) lalu.

Baca Juga: Prada DP Minta Keringanan Hukuman, Ibunda Fera Oktaria Ngamuk : Kamu Fitnah Anak Saya, Kamu Bunuh Anak Saya, Kamu Harus Dihukum Mati!

Langkah tersebut menuai banyak pujian, namun juga tak sedikit kritik yang dilontarkan atas kebijakan yang diambil oleh Jokowi tersebut.

Salah satu kritik disampaikan oleh Gubernur aktif Provinsi Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Kang Emil, sapaan mantan walikota Bandung ini sempat mengkritik luasnya wilayah yang ditentukan sebagai lokasi ibu kota baru tersebut tak sebanding dengan jumlah penduduk yang akan ikut diboyong ke lokasi tersebut.

Baru-baru ini langkah pemindahan ibu kota negara juga menginspirasi lulusan arsitektur Institut Teknologi Bandung ini.

Baca Juga: Mengungkap Sosok Irjen Firli Bahuri Capim KPK dari Kepolisian yang Ditolak 500 Pegawai KPK

Dilansir dari Kompas.com, Gubernur Jawa Barat bersama DPRD Jabar sepakat untuk mengkaji wacana pemindahan pusat pemerintahan dan ibu kota Provinsi Jawa Barat tersebut.

Wacana ini muncul sewaktu ia menggelar rapat pembahasan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Jabar bersama Pansus VII pekan lalu.

Source : Kompas.com, tribunnews

Editor : Seto Ajinugroho

Baca Lainnya

Latest