Bak Kisah Anime One Piece, Inilah Sosok Black Sam Bellamy, Bajak Laut di Dunia Nyata yang Miliki Kisah Tragis Menjelang Kematiannya

Kamis, 19 Agustus 2021 | 20:31
Public Domain

(ilustrasi) Bak Kisah Anime One Piece, Inilah Sosok Black Sam Bellamy, Bajak Laut di Dunia Nyata yang Miliki Kisah Tragis Menjelang Kematiannya

Sosok.ID- Mendengar istilah bajak laut memang tak asing di telingan sampai saat ini, bahkan kini istilah tersebut melekat pada kelompok kriminal laut di Somalia.

Namun ternyata ada kisah mengenai bajak laut paling legendaris di dunia nyata bak kisah anime One Piece.

Sosok tersebut adalah, Black Sam Bellamy, seorang bajak laut yang tidak memiliki reputasi sebagai kapten perampok dan kekerasan.

Berbeda dengan pandangan soal bajak laut yang kejam, apa yang dilakukan oleh Black Bellamy saat beroperasi di lautan malah sebaliknya.

Baca Juga: Antasena, Tank Boat Agresif Milik TNI, Siap Duel Artileri Melawan Kapal Perang

Lahir sekitar tahun 1689 di Inggris bagian barat, Samuel Bellamy turun ke laut pada usia muda.

Ibu Bellamy meninggal muda, dan keluarganya berjuang dalam kemiskinan.

Melansir All That Interesting, pada 1702, Bellamy telah menjadi anak kapal, memberikan pelayanan minimal untuk kapal angkatan laut.

Pada usia 17 tahun 1706, dia sudah menjadi pelaut yang terampil.

Baca Juga: Pilih Nikahi Setan, Ibu 5 Anak Ngaku Bahagia ketimbang Hidup dengan Manusia, Sesumbar Gairah Bercintanya Jauh Lebih Dalam

Pada tahun 1714 atau 1715, dia telah mencapai koloni-koloni Amerika.

Menurut pengetahuan lokal, Bellamy menetap di Cape Cod, Massachusetts, di mana dia memiliki hubungan asmara dengan seorang wanita muda bernama Maria Hallett.

Keluarga Hallett mungkin tidak setuju dengannya sehingga, Bellamy meninggalkannya untuk membuat keberuntungannya.

Namun dalam perjalanannya mencari kekayaan, Bellamy mengambil jalan memutar.

Gagal menemukan harta karun di sebuah kapal karam Spanyol di Hindia Barat, Bellamy memutuskan untuk menjadi bajak laut.

Bellamy bergabung dengan kru swasta terkenal Kapten Benjamin Hornigold di Mary Anne.

Di sana, ia mungkin telah berpapasan dengan rekan pertama Hornigold, Edward Teach (bajak laut Blackbeard).

Dan di kapal Mary Anne-lah transisi Bellamy dari swasta legal ke pembajakan ilegal dimulai.

Para kru memberontak ketika Hornigold mengatakan dia ingin berhenti menangkap kapal-kapal Inggris.

Kemudian, Bellamy memberi para kru pilihan: kembali ke rumah dengan utang, atau mengibarkan bendera hitam dan menjadi bajak laut.

Baca Juga: Dibuai Indahnya Bercinta dengan Mahluk Astral, Janda Beranak 5 Ini Mantap Nikahi Hantu Berusia 300 Tahun Pasca Cerai dari Mantan Suami

Wikimedia Commons

Samuel Bellamy - Bendera bajak laut yang digunakan oleh Samuel Bellamy

Hampir dengan suara bulat, mereka memilih untuk menjadikan Bellamy kapten dan mengibarkan bendera hitam, di mana seorang anggota kru telah menjahit tengkorak dan tulang bersilang.

“Bendera ini tidak melambangkan kematian, tetapi kebangkitan,” katanya kepada mereka. “Kamu tidak akan pernah lagi menjadi budak orang kaya. Mulai hari ini, kami adalah pria baru. Pria bebas.”

Sebagai kapten bajak laut, Samuel Bellamy tampil sebagai “sosok gagah”.

Dia mengenakan mantel beludru panjang, celana selutut, stoking sutra, dan sepatu bergesper.

Terkenal, "Black Sam" Bellamy, dia memakai rambut hitamnya yang panjang dan mengikatnya dengan pita satin. Tidak hanya gagah, Bellamy juga demokratis.

Baca Juga: Tak Doyan Lagi dengan Manusia, Wanita 45 Tahun Memilih Menikahi Roh Karena Sentuhan Makhluk Halus Lebih Intim

Dia memperlakukan semua orang di bawah komandonya secara setara, termasuk sepertiga krunya yang berkulit hitam dan sebelumnya diperbudak.

Sebagai imbalannya, bajak laut Bellamy setia kepada kapten mereka.

Mereka memanggilnya "Robin Hood di Lautan" karena dia mencuri dari harta orang kaya dan berbagi harta jarahan dengan rekan-rekan sekapalnya.

Memang, Bellamy melihat dirinya sebagai sosok Robin Hood.

“Mereka menjelek-jelekkan kita, bajingan melakukannya,” dia pernah menyatakan, “ketika hanya ada perbedaan ini, mereka merampok orang miskin di bawah perlindungan hukum, mencari tahu, dan kita menjarah orang kaya di bawah perlindungan keberanian kita sendiri.”

Bellamy dan krunya tampaknya menjadi kaya pada akhir Februari 1717, ketika mereka menangkap sebuah kapal budak bernama Whydah.

Setelah menjual kargo manusianya di Jamaika, kapal tersebut dilaporkan menyimpan lebih dari empat setengah ton emas dan perak.

Baca Juga: Manusia Lewat, Ibu 5 Anak Ini Beberkan Pengalamannya Berhubungan Seks dengan Suaminya yang Berwujud Setan : Sentuhannya Lebih Dalam

Tapi Whydah yang dipenuhi harta juga akan menjadi kehancuran mereka.

Selama sekitar satu tahun, Samuel Bellamy dan bajak lautnya berlayar dengan penuh kemenangan mengelilingi Karibia dan Atlantik.

Mereka menangkap lebih dari 50 kapal dan mengumpulkan kekayaan yang, disesuaikan dengan inflasi, mencapai lebih dari $ 140 juta, menjadikannya dan krunya bajak laut terkaya yang pernah ada.

Namun pada April 1717, Bellamy memutuskan untuk kembali ke Cape Cod. Mungkin berharap untuk membuktikan dirinya kepada keluarga Hallet.

Bellamy diduga mengatakan kepada krunya: “Anak-anak, kita sudah cukup. Waktunya pulang."

Namun, saat Bellamy dan bajak lautnya berlayar menuju rumah, badai dahsyat tiba-tiba menerpa lepas pantai Massachusetts.

Pada tanggal 26 April 1717, Whydah yang perkasa tenggelam ke laut yang gelap, membawa hartanya dan kru Bellamy bersamanya.

Semua kecuali dua orang tewas dalam kecelakaan itu.

Baru pada tahun 1984 penjelajah bawah laut Barry Clifford menemukan Whydah di lepas pantai Wellfleet, Massachusetts. (*)

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : intisari-online.com

Baca Lainnya