Inggris dan AS Telah Gerakkan Pasukan ke Benua Asia, China dan Rusia Kedapatan Gelar Latihan Perang Bersama Dengan 10.000 tentara, Perang Makin Dekat?

Sabtu, 31 Juli 2021 | 13:31
People's Daily

Ilustrasi tentara China. Inggris dan AS Telah Gerakkan Pasukan ke Benua Asia, China dan Rusia Kedapatan Gelar Latihan Perang Bersama Dengan 10.000 tentara, Perang Makin Dekat?

Sosok.ID-Bulan Agustus, Rusia dan China berencana mempertemukan 10.000 tentara dalam upaya latihan gabungan besar-besaran kedua negara.

Mengutip dariTASS, Kamis (29/7/2021), latihan gabungan tersebut bakal digelar di Daerah Otonomi Ningxia Hui, wilayah China utara.

Kementerian Pertahanan China melalui jubirnya, Wu Qian mengatakan, latihan gabungan tersebut bakal digelar pada awal hingga pertengahan Agustus.

Iamenambahkan, latihan gabungan tersebut dinamakan West/Interaction-2021.

Baca Juga: PDKT dengan Vietnam untuk Pecundangi China atas Konflik Laut China Selatan, AS Sudi Cari Pasukan yang Hilang dalam Perang hingga Kendala HAM

"Berdasarkan konsensus yang dicapai antara China dan Rusia, Angkatan Bersenjata Rusia akan ikut serta dalam latihan West/Interaction-2021," kata Wu.

Juru bicara tersebut menuturkan, latihan gabungan bakal digelar di markas pendidikan tentara China di kota Qingtongxia.

Dalam West/Interaction-2021, “Negeri Beruang Putih” dan “Negeri Panda” juga akan mendirikan pusat komando bersama.

Kedua belah pihak akan mengirim lebih dari 10.000 tentara untuk berpartisipasi dalam latihan gabungan militer itu.

Baca Juga: Berpotensi Ancaman, AS malah Disebut Setujui Pembelian Drone China, Pentagon: Ini Tidak Akurat!

Selain menerjunkan bersonel dalam jumlah yang besar, latihan gabungan tersebut juga akan melibatkan pesawat dan artileri.

Wu mengatakan, latihan tersebut bertujuan untuk memperkuat sekaligus mengembangkan kemitraan strategis yang komprehensif antara Rusia dan China.

Selain itu, latihan tersebut juga bertujuan untuk menjaga perdamaian dan stabilitas regional serta menunjukkan tekad untuk memerangi terorisme.

China Berencana Membanjiri Musuh-musuhnya dengan 'Sekawanan Lebah Marah' Mematikan

Dalam sejarah, China sering mengalahkan musuh-musuhnya dengan pasukan yang banyak.

Sekarang, China masih bisa menggunakan metode itu, tapi dengan sentuhan modern.

China dapat menggunakan kawanan drone helikopter kecil bersenjata roket untuk membanjiri pasukan musuh seperti lebah yang marah.

Baca Juga: Nelayan Temukan Bukti Alat Eksplorasi Minyak di Laut China Selatan, Presiden Filipina Justru Bantah Mentah-mentah Klaim Warganya

“Drone helikopter yang dikembangkan di China yang membawa peluru mortir peledak jarak dekat, peluncur granat, dan senapan mesin."

"Mereka dapat membentuk kawanan dan melancarkan serangan yang terkoordinasi,” menurut surat kabarChina Global Times, mengutip pernyataan perusahaan Zhuhai Ziyan yang berbasis di Guangdong.

Drone ini juga ditampilkan di pameran dagang pertahanan Turki baru-baru ini.

“Dengan menekan satu tombol, drone dapat lepas landas secara mandiri, menghindari tabrakan di udara dan menemukan jalan ke target yang ditentukan,” kataGlobal Times.

“Begitu mereka menerima perintah untuk menyerang, mereka akan menyerang target secara mandiri dan terkoordinasi."

"Setelah menyelesaikan misi, sistem akan mengarahkan drone kembali ke pangkalan dan mendarat secara otomatis."

"Operator tidak perlu mengekspos dirinya di garis depan yang berbahaya karena drone dapat dengan mudah dikendalikan dari jarak jauh.”

Hingga sepuluh heli-drone dapat dirakit menjadi gerombolan, dengan Kecerdasan Buatan untukn mengoordinasikan grup.

Baca Juga: Musuh Makin Beijbun, Inggris Bersatu dengan Jepang dan AS Demi Pecundangi China atas Konflik di Laut Asia

“Kesepuluh drone tersebut bisa kombinasi dari berbagai jenis, termasuk yang dapat menjatuhkan mortir peledak jarak dekat, sementara yang lain dapat membawa peluncur granat, atau melakukan serangan bunuh diri,” kataGlobal Times.

Zhuhai Ziyan menawarkan beberapa jenis drone mini bersenjata.

Pada tahun 2018, ia meluncurkan Blowfish A2, yang menyerupai unta dengan rotor yang tertancap di punuknya.

Drone setinggi enam kaki, setinggi dua kaki memiliki kecepatan 130 kilometer (81 mil) per jam.

Ini dapat dipersenjatai dengan peluru mortir 60 milimeter dan atau peluncur granat 40 milimeter.

Baca Juga: Bisa Gebuk Perang Kapan Saja, 'Nyawa' AS dan Taiwan Sedang dalam Taruhan, China Ingn Musuh Bersiap Dipukul Mendadak!

“Drone helikopter lainnya termasuk Infiltrator, dapat meluncurkan roket dan rudal, dan Parus S1, yang mengorbankan dirinya untuk meledakkan target,” kata Global Times.

Zhuhai Ziyan sekarang sedang mengerjakan Blowfish A3, sedikit lebih besar dari A2 dan dipersenjatai dengan “berbagai jenis senapan mesin dan memiliki fitur desain aerodinamis yang berbeda yang memungkinkan meriam untuk menembak di lebih banyak sudut di tengah penerbangan.”

Zhuhai Ziyan mengklaim telah "banyak pertanyaan dari beberapa perusahaan asing," menunjukkan bahwa perusahaan tersebut bersedia untuk menjual atau melisensikan teknologinya.

China bukanlah negara pertama yang mengeksplorasi serangan gerombolan drone kecil.

Badan penelitian DARPA Amerika sedang mengerjakan Offensive Swarm-Enabled Tactics, atau OFFSET , yang membayangkan manusia sebagai manajer sumber daya drone, menggunakan realitas virtual seperti video game untuk mengontrol formasi ratusan pesawat kecil tak berawak selama pertempuran.

Baca Juga: Ribut Besar, Beijing Klaim Australia dan ASIngin Ledakkan Perang Segera!

Sebuah tes pada 2018 dari Operasi Kolaborasi DARPA di Lingkungan yang Ditolak (CODE) menunjukkan bagaimana kawanan drone, ketika komunikasi dengan pengontrol manusianya terganggu, masih dapat menemukan dan menyerang target hanya dengan AI dan mengikuti maksud dari rencana misi.

Rusia juga memiliki pengalaman dengan kawanan drone—tetapi sebagai target.

Pada tahun 2018, sekelompok pesawat tak berawak kecil, dipersenjatai dengan bahan peledak, diluncurkan oleh pemberontak Suriah di sebuah pangkalan udara Rusia di Suriah.

Baca Juga: Ditertawakan China, Militer Jepang Gali Kuburan Sendiri dalam Perang, Kekuatannya Tak Sebanding dengan AS dan PLA

Rusia mengklaim telah menembak jatuh tujuh dan membajak link radio mereka untuk menguasai enam lainnya.

Yang sangat menarik tentang kawanan drone China adalah dominasi China dalam produksi drone.

Pabrikan China DJI membuat hampir 80 persen drone yang digunakan di Amerika Serikat dan Kanada (otoritas AS baru-baru ini memperingatkan bahwa robot ini dapat mencuri data dari penggunanya).

Basis manufaktur yang solid seperti itu menempatkan Beijing pada posisi yang kuat untuk membangun sejumlah besar drone serang kecil. (*)

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : intisari-online.com

Baca Lainnya