China Tuding Negara Barat Tabur Perselisihan Malaysia dan Beijing di Laut China Selatan, Sebut AS Dalang Dibalik Ketakutan Perang

Kamis, 03 Juni 2021 | 19:03
SCMP/Weibo/NULL

Gambar ilustrasi jet tempur China

Sosok.ID - Kementerian luar negeri Malaysia pada hari Selasa (1/2/2021) mengatakan akan memanggil utusan China untuk menjelaskan "gangguan" mereka di langit Negeri Jiran.

Reuters melaporkan pada Rabu hal ini merupakan buntut 16 pesawat Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat China yang dikirim ke wilayah udara Malaysia.

Angkatan udara Malaysia menyebut insiden itu sebagai "ancaman serius bagi kedaulatan nasional dan keselamatan penerbangan."

Namun, juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin pada hari Rabu membantah tuduhan ini pada konferensi pers reguler, menanggapi bahwa Angkatan Udara China mengadakan operasi pelatihan rutin di Kepulauan Nansha selatan di Laut China Selatan.

Baca Juga: Diprotes Malaysia Lagi Ngaku, China Sebut 16 Pesawatnya Cuma Latihan, Moncong Pesawat Baru Putar Balik Pas Dicegat Jet Tempur di Perbatasan

Melansir dari laporan media pemerintah China Global Times, Wang mengatakan pelatihan itu tidak menargetkan negara mana pun, dan Angkatan Udara China secara ketat mematuhi hukum internasional tanpa memasuki wilayah udara negara lain.

Menanggapi insiden tersebut, beberapa opini publik Barat telah mengambil kesempatan untuk menghebohkan dan membesar-besarkan apa yang disebut ancaman keamanan China.

Beijing menuding Barat mencoba memprovokasi perselisihan China-Malaysia.

Misalnya, seorang sarjana Barat memuji di Twitter bahwa ini adalah "pratinjau tentang apa yang akan terjadi jika AS menarik diri dari Pasifik Barat."

Baca Juga: Musuhan, China dan Vietnam Bangun Hotline Demi Redam Risiko Konflik Laut China Selatan

China menilai, di kawasan Asia-Pasifik, tampaknya setiap masalah bilateral antara China dan negara lain akan diperbesar oleh AS. Ini kemudian akan menjadi alasan bagi Washington untuk memperkuat kehadiran militernya di kawasan itu.

Pasukan Xi Jinping juga mengklaim bahwa 16 pesawat Angkatan Udara China mematuhi hukum internasional dan pelatihan penerbangan rutin tidak ada hubungannya dengan "gangguan."

"Meskipun China dan Malaysia memiliki klaim teritorial yang tumpang tindih, perselisihan ini berada dalam lingkup hubungan bilateral kedua negara," lapor Global Times.

"Mereka seharusnya tidak dibesar-besarkan. Mereka yang membuat sensasi masalah ini jelas sedang mencari alasan untuk mengganggu situasi regional dan memperluas kehadiran militer AS."

Baca Juga: 16 Jet Tempur China Bergerak Mencurigakan di Langit Malaysia, Tetangga Indonesia Ketar-ketir Kedaulatannya Terancam

Layanan berita yang didanai pemerintah AS Radio Free Asia mengutip Collin Koh, seorang analis keamanan maritim yang berbasis di Singapura, mengkritik tindakan angkatan udara China "tidak hanya intimidasi terang-terangan terhadap Malaysia, tetapi juga predator dan oportunistik."

"Tuduhan seperti itu sama sekali tidak berdasar," tulis media China.

China menilai, hubungan China-Malaysia selalu dalam keadaan yang relatif baik dan stabil.

Misalnya, pada 21 Mei, Perdana Menteri China Li Keqiang mengadakan konferensi video dengan Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin.

Baca Juga: Nasib 'Pasien Nol' Covid-19, Orang Pertama yang Diduga Terinfeksi Virus Corona, Kini Diburu Ilmuwan, China Terdesak

Selama konferensi, mereka bertukar pandangan mendalam tentang hubungan dan kerja sama Tiongkok-Malaysia, serta kerja sama internasional dalam perang melawan COVID-19.

"Tidak ada "intimidasi" antara China dan Malaysia. Kami percaya insiden ini pada akhirnya akan diselesaikan secara damai melalui cara-cara diplomatik."

"Namun, beberapa media dari AS dan negara-negara Barat lainnya telah menghipnotis apa yang disebut teori ancaman China mengenai insiden ini. Jelas, niat mereka yang sebenarnya adalah untuk menarik garis pemisah antara China dan Malaysia dan terus merusak perdamaian dan stabilitas regional."

AS mengklaim sebagai kekuatan penting dalam menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan Asia-Pasifik.

Baca Juga: Bukan Main, Tentara PLA Gunakan Artileri Roket Jarak Jauh dan Rudal Anti-tank dalamUji Tembak-menembak Terbaru

Namun tidak setiap negara regional menginginkan Washington untuk meningkatkan kehadiran militernya.

Faktanya, ujar China, AS adalah salah satu alasan mengapa ketegangan di Laut Cina Selatan terus meningkat, karena Washington mempromosikan apa yang disebut kebebasan navigasi di kawasan itu dan terus-menerus melakukan latihan militer dengan sekutunya.

AS adalah salah satu faktor yang berkontribusi terhadap ketidakstabilan kawasan Asia-Pasifik, bukan China, ujar Beijing.

"Ini bertentangan dengan apa yang digembar-gemborkan oleh beberapa opini publik Barat."

Baca Juga: Datanya Tak Sengaja Dibocorkan Salah Satu Pejabat, Ternyata China Diam-diam Sedang Buru Seorang Wanita yang Dijuluki 'Pasien Su', Sosok Pertama yang Terpapar Covid-19?

"China tidak pernah menggunakan kekuatan militernya untuk menyerang negara lain. Memang, China memperkuat militernya hanya untuk mempromosikan perdamaian dan stabilitas, dan negara-negara seperti AS perlu membiasakan diri dengan kekuatan militer China yang semakin besar."

China dengan tegas menyebut media Barat telah mengobarkan sentimen anti-China dan berspekulasi tentang apa yang disebut teori ancaman China.

Menurut mereka, dengan menyamarkan Washington sebagai pembela keamanan regional, media di Barat secara terang-terangan berusaha membuat negara-negara ini sepenuhnya condong ke arah Washington.

"Tapi ini hanya ilusi. Hal ini bertentangan dengan realitas politik internasional saat ini."

Baca Juga: Laut China Selatan Memanas Lagi, Filipina Ajukan Protes Diplomatik Atas Aktivitas Ilegal China

Menuru China, mereka perlu memperkuat kerja sama dengan negara-negara kawasan, termasuk Malaysia. Ini juga perlu meningkatkan pertukaran militer dan rasa saling percaya antara Beijing dan Kuala Lumpur.

"Ini akan mencegah agitasi AS mempengaruhi hubungan bilateral antara keduanya," lapor Global Times. (*)

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya