Selamat! Anies Baswedan Didapuk Jadi 'Pahlawan Dunia' 2021, Pahlawan Apa?

Jumat, 05 Februari 2021 | 14:00
via Kompas.com

Anies Baswedan

Sosok.ID - Setelah Jakarta sempat mendapatkan pengharagaan sebagai kota terbaik dalam ajang Sustainable Transport Award (STA) 2021, kini Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan didapuk jadi pahlawan transportasi.

Anies Baswedan masuk dalam jajaran pahlawan transportasi dunia tahun 2021 atau 21Heroes2021 versi Transformative Urban Mobility Initiative (TUMI).

Penghargaan ini diberikan kepada sosok yang sukses mengembangkan transportasi.

Pada penghargaan tahun ini, TUMI memberikan apresiasi kepada sosok yang mengembangkan transportasi di tengah tantangan selama pandemi Covid-19.

Baca Juga: 'Jika Tak Sanggup Mundur Saja!' Kader Gerindra Disanksi Partai Usai Kritik Anies Baswedan yang Minta Bantuan Jokowi Tangani Covid-19

Berdasarkan informasi di laman TUMI, Anies disebut meningkatkan layanan transportasi, seperti menyediakan jaringan bersepeda (jalur sepeda), yang 63 kilometer di antaranya telah ada di Ibu Kota.

TUMI menyebutkan, sebelum pandemi Covid-19, Anies melihat potensi untuk mengembangkan sistem transportasi di Ibu Kota yang integratif dan transformatif.

"Di tengah kabut asap kota, ia melihat peluang peluncuran rencana operasional bus listik dan renovasi stasiun angkutan umum milik pemerintah yang terhubung langsung dengan stasiun commuter line," tulis TUMI.

Baca Juga: 'Seribu'Alasan Anies Baswedan dan Anak Buah Biarkan Kerumunan Habib Rizieq, Klaim SudahJalankan Tugas

Dalam penghargaan tersebut, Anies menduduki urutan ke-17.

Sementara itu, urutan pertama diduduki Menteri Pemerintah dari Wilayah Ibu Kota Brussels, Belgia, Elke Van Brandt.

Baca juga:Bandingkan Anies Baswedan yang Membuat DPRD DKI Jakarta Lebih Bermartabat tak Seperti Ahok, Geisz Chalifah: BTP Membuat Citra DPRD Rusak!

Tak hanya itu, Anies juga bersanding dengan salah satu pendiri SpaceX yang juga merupakan CEO Tesla, Elon Musk, yang menduduki urutan keenam.

TUMI juga menyebutkan, prestasi lain yang diperoleh Jakarta adalah mendapatkan penghargaan Sustainable Transport Award (STA) dari ITDP.

Baca Juga: Sindir Jokowi, Andi Arief Sebut Muka Bangsa di Mata Dunia Selamat Berkat Gubernur DKI Jakarta: Untung Ada Anies Baswedan

Akan tetapi, penghargaan ini masih dapat berubah sewaktu-waktu.

Dalam makalahnya, TUMI memberikan catatan bahwa pihaknya berhak untuk mengubah, menambahkan, atau menghapus sebagian atau keseluruhan makalah tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Baca Juga: Anies Baswedan Sindir Jokowi Soal Vaksin Covid-19: di Amerika Baru Siap Kuartal Ketiga 2021, Indonesia Lain Cerita

Sebelumnya, dalam penghargaan STA 2021, Jakarta dinilai sebagai kota yang maju dalam sistem transportasi publik dan mobilitas kota.

Anies Baswedan menyebut penghargaan STA 2021 merupakan kemenangan warga Jakarta dan pihak-pihak yang terlibat di dalamnya seperti pemerintah provinsi DKI, pegiat transportasi dan inovasi, dll. (*)

Kompas.com.

Editor : Rifka Amalia

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya